Sunday, December 28, 2014

Membuat teks pada cermin foggy

Kali ini kita akan membuat teks pada cermin dengan efek foggy hujan menggunakan Photoshop. Foggy atau efek berkabut yang biasa terjadi pada kaca akan sangat jika kita tambahkan teks layaknya ketika kita membuat tulisan pada cermin yang terkena foggy .




Tahap 1

Pada tutorial kali ini saya menggunakan dua gambar untuk mendukung efek yang akan kita buat nantinya. Gambar yang pertama adalah gambar yang sudah berbentuk foggy namun tidak memiliki warna latar sebagai sebagai pendukung . Anda cukup searching untuk menemukan gambar ini, cukup mudah dicari :



Dan inilah gambar kedua yang saya gunakan untuk mengisi bagian warna latar nantinya supaya gambar lebih menarik :




Oke , sekarang masukkan gambar pertama dan kedua kedalam photoshop anda. Kemudian pindahkan gambar kedua kedokumen gambar yang pertama. Setelah gambar kedua berada didokumen pertama, anda bisa mengatur ukurannya menggunakan Transform (Ctrl+T) :




Tahap 2

Sekarang gandakan layer gambar kedua tadi dengan menekan Ctrl+J pada keyboard anda. Setelah itu , sembunyikan dulu layer copy dari gambar kedua karena kita akan menggunakannya nanti. Cukup klik pada ikon mata pada layer copy :



Kembali ke layer kedua yang asli, sekarang kita akan menerapkan Blur pada gambar ini. Caranya buka menu Filter > Blur dan pilih Gaussian Blur . Disini saya hanya mengatur Radius sekitar 6 pixel saja, anda bisa mengatur Radius anda sesuai keinginan :



Dan inilah yang saya dapatkan dari efek blur tadi :



Setelah itu ubah blend mode dari gambar blur tadi menjadi Overlay dan lihatlah hasilnya sekarang. Gambar foggy yang sebelumya terlihat biasa kini sudah memiliki warna latar :



Tahap 3

Sekarang kita akan mulai membuat dan menambahkan teks pada gambar foggy yang ada. Pilih Type Tool dan masukkan teks sesuai keinginan. Disini saya menggunakan font Light Up the World dengan ukuran besar :



Anda juga bisa mengatur teks anda menggunakan palette Character yang bisa anda buka di menu Window > Character :



Tahap 4

Nah sekarang aktifkan layer yang tadi kita sembunyikan  yaitu layer copy dari gambar kedua. Kita juga akan menerpakan Blur pada gambar ini. Sama seperti sebelumnya, namun kali ini saya hanya mengatur Radius sekitar 2 Pixels saja :


Selanjutnya kita akan mendapatkan ata membuat seleksi dari teks tadi. Caranya cukup mudah , tekan dan tahan Ctrl pada keyboard anda dan klik pada Thumbnail layer Teks pada waktu yang sama . Secara otomatis anda akan mendapatkan seleksi cepat dari keseluruhan teks yang ada : 



Setelah mendapatkan seleksi dari teks, masih pada layer gambar atas lalu klik ikon Layer Mask pada bagian bawah Layers untuk mendapatkan layer mask pada layer gambar tersebut. Dan inilah hasil layer mask yang saya dapatkan dari seleksi tadi pada gambar :

 

Setelah itu saya mengurangi sedikit Opacity dari layer tersebut . Jika anda mau anda juga bisa mengurangi Fill untuk mendapatkan hasil yang anda inginkan :



Tahap 5

Kalau menurut saya pekerjaan kita sebenarnya sudah pada tahap 4, tapi disini saya hanya ingin menambahkan sedikit efek supaya gambar terlihat lebih menarik. Sebelum itu kita akan menyatukan layer mask dengan layer asli. Caranya cukup klik kanan pada layer gambar dan pilih Apply Layer Mask  :



Setelah itu, buka menu Filter dan pilih Liquify :





Buatlah efek seolah air pada teks anda menetes kebawah. Gunakan Brush sesuai kebutuhan dan lakukan pada bagian-bagian yang mempengaruhi :



 Dan inilah yang saya dapatkan :



Terimakasih atas kunjungannya , see you on next tutorial .

0 comments:

Post a Comment