Sunday, February 9, 2014

Membuat efek sinar matahari dengan Photoshop



Kali ini saya akan menciptakan efek cahaya matahari yang biasanya muncul dicelah-celah awan atau apapun yang menghalangi sinar matahari sehingga menghasilkan efek cahaya yang bagus . Efek ini secara nyata biasa terlihat ketika pagi hari, sore hari hari, ketika suasana mendung ataupun ditengah-tengah pepohonan. Nah kali ini kita akan menciptakan efek cahaya matahari tersebut menggunakan Photoshop.


Hasil akhir

Tahap 1

Buka Photoshop anda dan masukkan gambar yang ingin anda gunakan. Disini saya menggunakan gambar awan mendung dan sedikit cahaya dibaliknya. Oke, hal pertama yang harus anda lakukan adalah menggandakan layer gambar, cukup tekan Ctrl+J pada keyboard anda :


 Tahap 2

Sekarang kita akan membuat dasar dari efek cahaya yang akan kita buat. Pilih Brush Tool pada Toolbox, atur Size sesuai kebutuhan. Disini saya mengatur Size menjadi 25 px dan Hardness dengan 100% :


Lakukan brush pada daerah dimana anda ingin menempatkan efek cahaya anda. Anda harus melakukan brush sedikit demi supaya mendapat hasil yang bagus nantinya :


Tahap 3

Setelah anda selesai melakukan brush pada daerah gambar yang anda inginkan, kita harus mengubah warna dari dokumen menjadi hitam. Buka menu Image > Adjustment, lalu pilih Levels atau cukup tekan Ctrl+L pada keyboard anda :


Pada kotak dialog Levels, Klik pada segitiga kecil hitam dan geser kekanan sampai dokumen anda menjadi gelap. Usahakan jangan sampai brush putih tadi hilang :


Dana seperti inilah gambar setelah saya memberikan efek adjustment levels tadi :


Nah jika masih ada bagian yang tersisa selain dari brush tadi, cukup ubah warna Foreground anda menjadi hitam dan lakukan brush dengab Brush Tool pada bagian yang tidak berwarna hitam sampai bagian tersebut menjadi hitam :


Tahap 4

Sekarang kita akan menambahkan brush lagi pada brush yang sudah ada. Atur lagi brush anda dengan mengubah Hardness menjadi 0 dan untuk ukuran, anda tidak perlu mengubahnya :


Kali ini turunkan Opacity Brush menjadi sekitar 50%, ubah warna Foreground menjadi putih dan brush pada seluruh bagian brush yang sebelumnya :


Setelah itu, buka menu Filter > Blur, lalu pilih Radial Blur untuk mendapatkan efek blur :


Pada kotak dialog Radial Blur, atur Amount menjadi 90, Blur Method ubah menjadi Zoom,dan Quality menjadi Good. Untuk Blur Center, disini anda bisa mengatur arah dari cahaya yang anda ingin buat. Karena disini cahaya yang ingin saya buat mengarah keatas, maka saya klik dan menggeser Blur Center kebawah. Begitu juga sebaliknya jika anda ingin efek cahaya mengarah kebawah maka anda harus menggeser Blur Center keatas :


Dan inilah yang saya dapatkan :


Tambahkan ukuran dari efek radial tadi cukup dengan menekan Ctrl+F sampai anda mendapat efek gambar yang anda sukai. Disini saya menambahkan efek sebanyak dua kali :


Tahap 5

Sekarang saya ingin memperhalus sedikit efek yang ada. Buka menu Filter > Blur, lalu pilih Gaussian Blur :


Pada kotak dialog Gaussian Blur, disini saya mengatur radius menjadi 3 pixels karena menurut saya itu yang lebih cocok :


Setelah memperhalus dengan Gaussian Blur tadi, sekarang saya ingin mengatur sedikit kontras warna dari efek cahaya. Buka menu Image > Adjustment, lalu pilih Brightness/Contrast :


Pada kotak dialog Brightness/Contrast, disini saya mengatur Brightness menjadi 44 dan Contrast tetap dengan 0 untuk mendapatkan efek yang sedikit lebih terang :


Tahap terakhir

Setelah efek tadi selesai, ubah blend mode layer dari efek tersebut menjadi Screen untuk menghilangkan gambar bagian hitam sehingga bagian yang terlihat hanya efek yang kita buat tadi :


Cukup gunakan Move Tool pada Toolbox untuk mengatur posisi dari efek cahaya anda :


Cukup ulangi semua langkah diatas jika anda masih ingin menambahkan efek pada bagian yang lain dan cukup atur posisi Blur Center dari Radial Blur untuk menentukan arah dari efek anda :


Terima kasih atas partisipasinya diTutorial saya. Jika ada pertanyaan, kritik, atau saran cukup tinggalkan dikoment. See You on Next Tutorial ………………….

0 comments:

Post a Comment