Tuesday, December 16, 2014

Membuat Bokeh background dengan Photoshop

Pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat efek bokeh dengan Photoshop. Bokeh adalah efek blur yang biasanya terjadi pada saat efek fokus kamera terhadap lampu atau semacamnya yang memiliki intensitas warna yang terang.


Hasil akhir

Tahap 1

Buka Photoshop anda dan buatlah dokumen baru dengan Width 1200 px dan Height 860 px, atau ukuran anda sendiri dan pastikan warna Background dengan putih :


Tahap 2

Untuk membuat bokeh kita akan membutuhkan brush yang sesuai. Untuk mendapatkan brush, kita akan membuatnya sendiri. Pertama-tama buatlah sebuah layer untuk membuat brush dan sembunyikan layer Background sehingga kita tidak memiliki gambar apaung didokumen :


Selanjutnya pilih Ellipsel Tool pada Toolbox, tekan dan tahan tombol Shift pada keyborad anda sambil membuat lingkaran pada dokumen supaya lingkaran tersebut bulat seutuhnya. Pastikan warna Foreground anda dengan hitam dan buatlah lingkaran yang agak besar :


Setelah itu ubah layer shape lingkaran tadi menjadi layer biasa dengan klik kanan dan pilih Rasterize Layer. Kemudian ubah Fill layer tersebut menjadi 50%. Dan sekarang kita sudah mendapatkan lingkaran setengah transparan :


Sekarangkita akan membuat sedikit warna pada sekitar lingkaran. Klik dua kali pada layer lingkaran untuk memunculkan Layer Style. Pada jendela Layer Style, pilih Stroke dan atur Size dari stroke menjadi 5 px, pastikan warna Stroke anda hitam, jika sudah tekan Ok :


Kemudian buka menu Edit dan pilih Define Brush Preset :


Beri nama brush anda sesuai keinginan. Disini saya menamainya Bikehdan sekarang brush untuk efek bokeh sudah siap. Anda bisa menghapus layer untuk brush ini karena kita sudah tidak membutuhkannya lagi :


Tahap 3

Sekarang kita akan membuat warna background untuk bokeh. Pertama, ubah warna Background anda dengan ungu atau warna apapun yang anda inginkan kemudian tekan Ctrl+Backspace pada keyboard anda untuk warna dokumen anda dengan warna backgriund tadi : 


Kemudian buatlah sebuah layer baru, pilih Gradient Tool pada Toolbox, dan pada Gradient Editor pilih salah satu warna gradiet yang tersedia atau anda bisa menciptakan warna gradient yang anda suka :


Dan buatlah gradient pada dokumen anda menggunakan Gradient Tool :


Selanjutnya ubah blend mode layer gradient menajdi Multiply :



Tahap 4

Sekarang waktunya untuk membuat efek bokeh . Pada tutorial kali ini saya menerapkan 3 lapisan bokeh dengan intensitas yang berbeda-beda. Kita mulai dengan yang pertama, buatlah sebuah folder grup dengan klik ikon Add Group pada bagian bawah palette Layers. Setelah itu ubah blend mode folder grup tersebut menjadi Color Dodge dan buatlah sebuah layer baru didialamnya :


Pilih Brush Tool pada Toolbox dan pilih brush yang tadi kita buat :


Kita akan mengatur brush dulu sebelum membuat efek bokeh. Tekan F5 pada keyboard anda untuk membuka pengaturan Brush panel. Pertama atur Brush Tip Shape, aktifkan Spacing dan atur menjadi 113%. Yang kedua Shape Dynamics, atur Size Jitter menjadi 31%, Control ubah menjadi Fade dengan nominal 25 dan Minimum Diameter menjadi 100% :


Dan yang terakhir adalah Scattering, atur Scatter menjadi 200%, Count dengan 1, dan Count Jitter dengan 0 :



Atur ukuran brush sesuai keinginan anda dan lakukan brush sacara acak sampai anda mendapatkan hasil yang anda sukai :


Kemudian turunkan Opacity layer tersebut menjadi 50% :


Dan sekarang kita akan menerapkan efek blur pada brush tadi. Buka menu Filter > Blur, dan pilih Gaussian Blur. Atur Radius dari Gaussian Blur menjadi 14 pixels :


Dan inilah hasil untuk lapisan pertama :



Tahap 5

Sekarang kita akan membuat lapisan yang kedua. Buat lagi sebuah layer baru didalam grup dan masih dengan brush yang sama. Buka lagi Brush panel dengan menekan F5 pada keyboard anda. Pada Brush Tip Shape, turunkan ukuran Spacing menjadi 81%. Untuk Shape Dynamics, atur Size Jitter menjadi 100% dan turunkan Minimum Diameter menjadi 82% :


Untuk Scattering, ubah Scatter menjadi 350% dan jagngan lupa beri centang Both Axes. Pilih juga Transfer namun anda tidak perlu mengubah apapun :


Buatlah brush secara acak dan turnkan Opacity layer tersebut menjadi sekitar 50-60 :


Terapkan lagi efek blur pada brush tersebut dengan cara yan sama. Buka menu Filter > Blur, dan pilih Gaussian Blur. Kali ini cukup atur Radius dari Gaussian blur menjadi 4.6 pixels :


Dan inilah hasil untuk lapisan efek bokeh yang kedua :


Tahap Terakhir

Sekarang kita akan membuat lapisan ketiga atau yang terkahir. Masih dengan brush yang sama, buatlah sebuah layer baru lagi dalam grup. Buka lagi Brush panel untuk mengubah sedikit pengaturan brush yang ada. Namun kali ini cukup ubah Minimum Diameter dari Shape Dynamics. Turunkan Minimum Diameters menjadi sekitar 50% :



Dan buatlah brush secara acak lagi sampai anda mendapatkan bentuk yang anda inginkan. Turunkan Opacity menjadi 80% :


Jangan lupa untuk memberikan efek blur. Buka menu Filter > Blur, dan pilih Gaussian Blur. Kali ini cukup atur Radius dari Gaussian blur menjadi 2.2 pixels :
Jangan lupa untuk memberikan efek blur. Buka menu Filter > Blur, dan pilih Gaussian Blur. Kali ini cukup atur Radius dari Gaussian blur menjadi 2.2 pixels :


Dan inilah hasil akhirnya :


Terimakasih atas kunjungannya kolom komentar selalu terbuka setiap saat. See you on next tutorial ..

0 comments:

Post a Comment