Thursday, January 8, 2015

Menciptakan burung hantu terbakar dengan Photoshop

Kali ini kita akan menciptakan efek Photo manipulation yang keren dengan menggunakan burung sebagai objek dan kita akan membuatnya terlihat seperti terbakar dengan menambahkan beberapa stock gambar api. Untuk tutorial kali ini saya menggunakan dua buah stock gambar api yang berbeda dan pastinya gambar burung hantu.



Hasil akhir

Tahap 1

Buka photoshop anda dan buatlah sebuah dokumen baru sesuai yang anda inginkan. Disini saya mengatur ukuran Width 1280 px dan Height 860 px dengan Background Putih. Selajutnya kita akan mengubah warna background menjadi hitam. Caranya cukup ganti warna Background pada Color Box menjadi hitam dan tekan Ctrl/Command+Backspace untuk mengisi warna dokumen dengan hitam :


Selanjutnya kita akan membuat sedikit efek warna supaya background tidak membosankan. Buatlah sebuah layer baru, kemudian ubah warna Foreground pada Color box menjadi merah. Setelah itu buka menu Filter > Render, lalu pilih Clouds untuk menciptakan efek awan dengan warna color box yang ada. Jika anda ingin mendapatkan warna yang berbeda, cukup ubah warna foreground dan background anda :


Dan inilah hasil dari efek filter Clouds tadi . Disini saya mendapatkan warna merah dan hitam :


Selajutnya kita akan mengubah efek Clouds yang ada menjadi lebih berbeda. Buka menu Filter > Render, dan kali ini pilih Difference Clouds. Dan anda akan mendapatkan efek warna hitam sedikit lebih mendominasi :


Sekarang kita akan menghilangkan bagian-bagian yang tidak diperlukan karena kita hanya akan membutuhkan sedikit bagian tengahnya saja. Mulailah dengan menambahkan layer mask pada layer untuk cloud dengan klik ikon layer mask pada bagian bawah palette Layers. Setelah itu, Pilih Gradient Tool pada Toolbox, pilih warna untuk gradient dengan hitam putih , pilih Radial pada option bar dan buatlah gradient dimulai dari bagian tengah dan seret kesamping . Cukup ulangi jika gambar yang anda dapatkan kurang pas :


Dan inilah yang saya dapatkan untuk background :


Tahap 2

Masukkan gambar yang ingin anda gunakan, kemudian kita akan memisahkan dulu bagian gambar yang akan kita gunakan dengan background yang tidak diperlukan. Anda bisa melakukan seleksi menggunakan Pen Tool atau selection tool pada toolbox untuk mendapatkan seleksi. Disini saya menggunakan Pen Tool karena menurut saya ini adalah cara yang cukup bagus untuk mendapatkan seleksi dengan detail yang kita inginkan walaupun sedikit memakan waktu :


Setelah Path anda selesai, klik kanan dan pilih Make Selection. Pada kotak dialog Make Selection, atur Feather Radius menjadi 0, beri centang Anti-aliased dan jangan lupa pilih New Selection :
Setelah Path anda selesai, klik kanan dan pilih Make Selection. Pada kotak dialog Make Selection, Atur Feather Radius menjadi 0, centang Anti-aliased dan jangan lupa pilih New Selection :


Dan sekarang saya sudah mendapatkan seleksi pada bagian yang saya inginkan :


Setelah anda mendapatkan seleksi, tekan Ctrl/Command+J pada keyboard anda untuk mendapatkan layer baru hasil dari seleksi tadi. Sembunyikan layer asli, dan sekarang yang terlihat hanyalah objek yang kita seleksi tadi :


Sekarang kita harus mengubah intensitas warna dari objek yang kita gunakan menjadi lebih terang.Untuk melakukan itu, disini saya menggunakan Levels. Buka menu Image > Adjustment dan pilih Levels atau cukup tekan Ctrl/Command+L pada keyboard anda untuk membuka pengaturan Levels. Setelah mendapatkan warna dengan intensitas terang, sekarang kita akan melakukan Invert dimana kita akan mendapatkan warna kebalikan dari sebelumnya. Cukup tekan Ctrl/Command+I pada keyboard anda :


Kemudian buka palette Channels yang biasanya berada disebelah palette Layers atau buka menu Window dan pilih Channels. Pada palette Channels, anda akan mendapatkan empat layer untuk warna dari objek. Tekan dan tahan tombol Ctrl dan secara bersamaan klik pada layer warna RGB untuk mendapatkan seleksi secara cepat :


Setelah mendapatkan seleksi, kembali ke palette Layes lagi dan buatlah sebuah layer baru untuk seleksi dari RGB tadi dengan menekan Ctrl/Command+J. Sembunyikan lagi layer sebelumnya. Dan inilah gambar yang saya dapatkan. Gambar yang hanya terdiri dari warna putih dan abu-abu, gambar inilah yang akan kita gunakan nantinya :


Tahap 3

Masukkan gambar dengan intensitas putih tadi kedokumen awal dengan cara menduplikat atau menyeretnya menggunakan Move Tool. Setelah gambar sudah berada didokumen awal, atur posisi dan ukuran menggunakan Transform, cukup tekan Ctrl/Command+T pada keyboard anda :


Selanjutnya kita harus mengubah warna dari gambar yang kita punya sesuai efek yang akan kita buat nanti. Disini saya menggunakan Photo Filter yang bisa anda buka di menu Image > Adjustment dan pilih Photo Filter. Disini saya menggunakan warna Orange untuk Color dan mengatur Density menjadi 90% :


Dan inilah yang saya dapatkan :


Selanjutnya saya akan menambahkan efek warna yang kedua yaitu Outer Glow. Klik dua kali pada layer objek anda untuk membuka Layer Style. Pada layer style pilihlah Outer Glow. Disini saya menurunkan Opacity menjadi 50 dan mengubah warna menjadi merah :


Dan inlah yang saya dapatkan :


Tahap 4

Sekarang masukkan stock gambar api anda yang pertama kesebuah dokumen baru. Agar lebih mudah, gunakan gambar api dengan background hitam :


Buka lagi palette Channels seperti objek tadi karena kita akan mendapatkan seleksi lagi dengan cara yang hampir sama. Tekan dan tahan tombol Ctrl pada keyboard anda dan secara bersamaan klik salah satu layer yang ada di Channels. Kali ini klik layer Green :


Kemnali ke palette Layers dan buatlah sebuah layer baru untuk sleksi tadi dengan menekan Ctrl/Command+J dan sembunyikan layer sebelumnya. Gambar inilah yang akan kita gunakan :


Tahap 5

Masukkan lagi gambar tadi kedokumen awal anda dengan menduplikat atau menyeretnya dengan Move Tool. Ubah ukuran dan posisi sesuai kebutuhan menggunakan Transform Ctrl/Command+T :


Saya ingin menyesuaikan warna api dengan warna dari objek burung menggunakan Hue/Saturation. Buka menu Image > Adjustment dan pilih Hue/Saturation. Disini saya mengatur Hue menjadi 18, Saturation menjadi 74, dan Lightness dengan 0. Jangan lupa memberi centang pada Colorize Juga


Seperti inilah warna yang saya dapatkan :


Sekarang saya ingin memperbaiki bagian yang berlebihan. Tambahkan Layer Mask pada layer untuk api, kemudian pilih Brush Tool pada Toolbox. Pilih Softbrush dengan ukuran kecil dan pastikan warna Foreground adalah hitam. Cukup brush pada bagian yang berlebihan utuk menghilangkannya :


Selanjutnya gandakan layer api tadi, kemudian saya memindahkan posisi api kebagian bawah yang belum terkena efek api dengan menggunakan Transform :


Setelah itu, pilih kedua layer untuk api tersebut dan tekan Ctrl/Command+G untuk memasukkannya kedua layer tersebut kedalam folder grup. Setelah keduanya berada dalam satu grup, gandakan grup tersebut lalu gunakan Transform untuk mengatur posisi api. Atau anda bisa tetap menduplikat setiap layer untuk setiap bagian, itu terserah anda. Disini saya memperkecil, merotasi, lalu meletakkannya pada tengah sayap kiri :


Sekarang saya ingin menambah ketebalan dari efek api yang terlihat sangat sedikit. Klik kanan pada layer grup pertama lalu pilih Merge Group. Setelah itu cukup gandakan grup yang sudah menjadi layer :


Gandakan juga grup dibawahnya supaya menambah ketebalan dari efek api pada bagian sayap ujung :


Selanjutnya kita akan memasukkan keempat layer dan grup efek api kedalam dua folder grup. Kita mulai dari kedua folder grup, pilih kedua folder tersebut dan tekan Ctrl/Command+G untuk memasukkannya kedalam folder grup. Dan lakukan hal yang sama untuk kedua layer atas. Pilih kedua layer tersebut dan tekan Ctrl/Command+G untuk memasukkannya kedalam folder grup juga :


Oke, sekarang gandakan grup paling atas yaitu layer untuk api bagian bawah sayap, lalu buka menu Edit > Transform, dan pilih Flip Horizontal. Pindahkan gambar api keposisi sayap tengah sebelahnya. Tambahkan layer mask pada grup tersebut dan cukup lakukan brush jika ada bagian yang ingin anda perbaiki :


Gandakan juga grup bagian api untuk ujung sayap lalu buka menu Edit > Transform dan pilih Filp Horizontal. Pindahkan posisi api keujung sayap sebelahnya. Disini saya memperkecil sedikit ukuran api menggunakan Transform :


Gandakan lagi grup untuk api bagian tengah dan kali ini saya meletakkannya dibagian kepala. Jika ada bagian yang berlebiahn anda bisa memperaikinya menggunakan Layer Mask :


Karena masih ada bagian yang ingin saya tambahkan efek api, jadi saya menggandakan grup yang sama sebanyak dua kali dan mengatur posisinya menggunakan Transform :


Dan inilah yang saya dapatkan sampai sejauh ini :


Tahap 6

Sekarang saya akan menambahkan efek api yang kedua. Masukkan gambar kedokumen baru, lalu duplikat layer tersebut kedokumen awal anda :


Selanjutnya ubah blend mode gambar efek api yang kedua menjadi Screen. Jika anda ingin melakukan ini, pastikan warna background stock gambar anda dengan warna hitam. Atur posisi dari gambar sampai anda mendapatkan posisi yang anda inginkan menggunakan Transform :


Tambahkan Layer Mask dan lakukan brush pada bagian yang ingin anda hilangkan :


Gandakan layer tersebut dan buka lagi menu Edit > Transform dan pilih Flip Horizontal. lalu pindahkan efek api ke sisi sayap sebelahnya :


Duplikat sekali lagi untuk menambahkan efek yang sama pada bagian bawah. Atur posisi menggunakan Transform :


Dan inilah hasil akhirnya :


Terimakasih atas partisipasinya. kolom komentar selalu terbukan untuk kalian. See you on next tutorial ....

0 comments:

Post a Comment