Tuesday, December 30, 2014

Menciptakan Color Splash atau selektive Color dengan Photoshop

Color splash atau selective color adalah suatu efek photo dimana kita mendapatkan perpaduan antara efek hitam putih dengan gambar atau objek yang berwarna dengan kata lain color splash memberikan efek yang dimana subjek photo it memiliki warna dengan sekitarnya yang hitam putih . Saya akan menjelaskan cara membuat  color splash dengan photoshop .


Hasil akhir

Tahap 1

Buka photoshop anda dan masukkan gambar anda kesebuah dokumen baru :


Tahap 2

Sekarang kita akan meneyleksi bagian yang ingin kita jadikan objek. Supaya lebih mudah , kita akan menggunakan Color Range untuk mendapatkan seleksi . Buka menu Select dan pilih Color Range :

Ada dua cara untuk mendapatkan seleksi dengan menggunakan Color Range ini.

  • Yang pertama adalah anda bisa langsung menggunakan piliha yang ada seperti Reds, Yellows, Greens, Cyan, Blues, Magentas, Highlights, Midtones, dan Shadow . Jika anda menggunakan ini maka secara otomatis bagian-bagian yang mempengaruhi akan terseleksi.
  • Yang kedua dengan Sampled Colors dimana memungkinkan anda untuk memilih sendiri bagian yang ingin anda seleksi .

Ok disini saya akan menggunakan cara yang kedua karena mungkin agak sulit jika menggunakan cara yang pertama . Pilih Sampled Colors dan centang Localized Colors Clusters. Disini saya menurunkan Fuzziness menjadi 20 dan pilih Selection , dan jangan lupa juga klik ikon sample plus untuk menambah area objek yang kita pilih. Cukup klik dan geser sample anda sampai semua bagian yang anda inginkan terlihat di color range. Jika anda menggunakan objek yang agak rumit dan ada bagian tidak anda perlukan , anda bisa , melakukan klik untu sample secara berulang-ulang pada stiap bagian yang anda inginkan saja. Setelah mendapatkan semua bagian yang anda inginkan , cukup klik Ok :


Bisa anda lihat sekarang gambar yang kita punya memiliki seleksi hasil dari color range tadi . Anda tidak perlu khawatir jika ada bagian yang berlebihan seperti gambar yang saya punya disini :




Tahap 3

Setelah anda mendapatkan seleksi tadi, kita akan memindahkan seleksi kebagian yang sebelumnya tidak terseleksi aau bertukar posisi. Buka menu Select dan pilih Inverse :


Seperti yang anda lihat sekarang , seleksi bekerja pada bagian luar :


Kemudian buka menu Image > Adjustment dan pilih Black & White karena kita akan mengubah bagian yang terseleksi menjadi hitam putih :


Bisa anda lihat sekarang , efek hitam putih hanya bekerja pada bagian yang terseleksi :


Nah jika anda ingin mendapatkan suasana warna yang berbeda, anda bisa meruabh pengaturan Black & White , namun jikan anda membuat perubahan pada pengaturan Black & White , pastikan anda mengingat perubahan yang anda buat . Disini saya tidak mengubah apapun karena menurut saya hasilnya sudah bagus :


Tekan Ctrl/Command+D untuk menghilangkan seleksi yang masih ada dan inilah hasil yang saya dapatkan untuk sementara :



Tahap 4

Nah karena pada gambar yang saya miliki disini masih ada bagian warna yang tidak dipengaruhi oleh warna hitam putih maka saya ingin memperbaiki bagian itu sekarang . Namun jika anda sudah puas dengan hasil yang ada , anda tidak perlu melakukan tahap ini. Klik ikon Adjustment layer dan pilih Black & White :



Jika pada pengaturan Black & White anda melakukan perubahan maka anda harus menerapkan hal yang sama pada Black & White untuk adjustment layer ini. inlah sebabnya mengapa saya menyuruh anda untuk mengingat perubahan yang anda buat sebelumnya :


Selanjutnya tekan tombol D pada keyboard anda untuk mengubah color picker menjadi default atau semula. Kemudian tekan Ctrl/Command+Delete untuk mengubah mask menjadi hitam : 


Tahap Terakhir

Selanjutnya pilih Brush tool dan pilih soft brush sesuai kebutuhan . Cukup lakukan brush pada bagian yang ingin anda perbaiki :


Dan inilah hasil akhir yang saya dapatkan ::


Terimakasih atas partisipasinya ditutorial saya . See you on next tutorial .

0 comments:

Post a Comment