Wednesday, September 3, 2014

Membuat Teks efek kembang api dengan Photoshop



Untuk merayakan tahun baru , mungkin tutorial ini sangat pas karena tahun baru sangat identik dengan kembang api . Saya akan membuat teks dengan bentuk menyerupai kembang api  dan caranya pun cukup mudah .
Hasil akhir


Tahap 1

Buka Photoshop anda , disini saya menggunakan CS6 namun jangan khawatir Karena tutor ini juga bisa dilakukan pada CS 3 dan seterusnya . Disini saya menggunakan gambar yang berkaitan dengan kembang api supaya lebih pas :


Tahap 2

Masukkan teks anda . Font yang saya gunakan disini adalah Second Lyric , yang bisa anda download secara gratis di Dafont.com . Buatlah teks dengan ukuran besar :


Klik kanan pada layer teks anda dan pada pilihan yang muncul , pilih Create Work Path karena kita akan mengubah bentuk teks menjadi path . Bisa anda lihat pada sekeliling teks memiliki garis path :


Tahap 3

Buatlah sebuah layer baru , kemudian sembunyikan layer teks tadi sehingga yang terlihat didokumen hanyalah garis path tadi :

Pilih Brush Tool (B)  dan pilih brush jenis rumput berikut . Atur ukuran brush sesuai dengan besar bagian dalam garis path anda . Disini saya menggunakan ukuran 19 px . Ingat , ukuran brush anda lebih besar dari ukuran bagian dalam path mungkin hasilnya akan berlebihan , tetapi itu semua terserah anda :


Kemudian buka menu Window dan pilih Brush atau anda bisa langsung menekan F5 pada keyboard anda untuk membuka pengaturan Brush . Ada tiga hal yang perlu kita atur disini yaitu ; Brush Tip Shape , Shape Dynamics, dan Scattering . Atur seperti gambar , dan jangan lupa hilangkan centang pada Color Dynamics :


Pilih Pen Tool dan klik kanan pada garis path didokumen  lalu pilih Stroke Path . Pada Stroke Path , atur Tool menjadi Brush dan centang Simulate Pressure . Klik OK :


Dan seperti inilah hasilnya . Anda akan mendapatkan brush pada bagian dalam garis path anda :


Sekarang saya ingin menambah efek brush supaya terlihat lebih meriah .Pilih Brush Tool (B) dan tekan Enter (Win) atau Return (Mac) pada keyboard anda untuk menebalkan brush yang ada . Cukup lakukan satu kali untuk mendapatkan hasil seperti gambar :


Buka lagi menu Window dan pilih lagi Brush (F5) . Kali ini anda cukup memperbesar ukuran Scatter yang sudah kita atur sebelumnya , tekan Enter(Win) atau Return(Mac) :


Dan seperti inilah hasilnya :


Tahap 4

Klik dua kali pada layer baru tadi dan pada Layer Style yang muncul , pilih Outer Glow . Aturlah seperti gambar :


Sekarang kita sudah mendapat sedikit efek glow untuk kembang apinya :






Tahap 5


Buatlah sebuah layer baru . Pilih Brush Tool (B) dan pilih salah satu brush tepat disebelah brush yang tadi kita gunakan :


Tekan F5 untuk membuka pengaturan brush seperti sebelumnya . Lakukan hal yang sama seperti tahap ketiga namun dengan ukuran dan bentuk yang sedikit berbeda . Pada bagian Brush Tip Shape anda tidak perlu mengubah ukurannya , cukup ubah jarak menjadi sedikit renggang . Untuk Shape Dynamics, lakukan seperti sebelumnya . dan untuk Scattering , ubah Scatter menjadi 100% :


Tekan Enter(Win) atau Return(Mac)  pada keyboard anda . Maka Efek spark akan muncul pada sekeliling teks :


Buka lagi pengaturan brush dengan menekan F5 pada keyboard dan pada kolom Scattering , perbesar ukuran Scatter menjadi sekitar150% .Tekan Enter(Win) atau Return(Mac)  :


Perbesar lagi ukuran Scatter dan cukup tekan Enter (Win) atau Return(Mac)  untuk mendapatkan lebih banyak Efek Spark :


Untuk mendapatkan efek spark yang bagus anda harus melakukan langkah diatas secara bertahap dengan ukuran yang berbeda disetiap tahapnya.

Tahap Terakhir

Klik dua kali pada layer baru yang kedua atau layer spark dan pada Layer Style yang muncul , pilih Outer Glow . Atur Outer Glow seperti gambar :


Dan inilah hasil akhirnya :


Terima kasih atas kunjungannya di tutor saya dan semoga berhasil . Jika ada pertanyaan, kritik, atau saran cukup tinggalkan di koment . See You On Next Tutor ………..

0 comments:

Post a Comment