Wednesday, September 17, 2014

Cara mudah membuat efek fokus

Efek fokus adalah salah satu efek kamera dimana anda dapat mengabadikan sebuah objek pada jarak tertentu dan hanya fokus pada objek tersebut, sedangkan bagian gambar lain berada dalam gambar yang sama akan terlihat buram.



Pertama-tama,buka Photoshop anda dan masukkan gambar anda kedalam sebuah dokumen baru. Setelah itu kita akan menyeleksi bagian yang akan dijadikan objek fokus. Pilih Quick Selection Tool pada toolbox dan lakukan seleksi pada stetiap bagian objek yang anda inginkan :



Setelah semua objek fokus anda terseleksi, buka menu Select dan pilih Inverse :




Setelah melakukan inverse, anda akan mendapatkan seleksi anda bekerja pada bagian luar objek yang anda seleksi sebelumnya atau dengan kata lain jika sebelumnya anda menyeleksi bagian dalam, maka setelah melakukan inverse, seleksi anda akan berpindah kebagian luar :




Setelah selesai, cukup tekan Ctrl+J. Anda akan mendapatkan sebuah layer baru hasil dari seleksi di dokumen tadi. Seperti inilah gambar yang saya dapatkan jika saya menyembunyikan layer gambar awal :




Oke. sekarang kita akan menciptakan dampak atau akibat dari efek fokus itu sendiri. Gandakan layer layer baru tadi dengan menekan Ctrl+J :



Kemudian kita akan membuat gambar tersebut terlihat buram. Caranya, buka menu Filter, pilih Blur dan pilih Gaussian Blur. Pada pesan gaussian blur, anda biisa mengatur Radius sesuai keinginan anda  :




Dan inilah efek blur yang saya dapatkan :



Seperti yang anda lihat, pada gambar yang saya gunakan, ada bunga yang berjarak dekat dan ada yang jauh. Maka dari itu sekarang saya ingin memperbaiki sedikit efek blur yang ada. Caranya sangat mudah, pilih Eraser Tool pada toolbox, atur ukuran brush menjadi sekitar 500px dan atur Opacity menjadi 26%. disini saya melakukan brush pada bagian bawah sebanyak 2-3 kali dan ada bagian tengah 1 kali :





Dan inilah hasil dari efek fokus yang saya dapatkan :



See you on next tutorial....

0 comments:

Post a Comment