Saturday, December 14, 2013

Menciptakan efek musik Equalizer pada teks dengan photoshop



Buat kalian yang bosen dengan tampilan teks yang biasa , kali ini saya punya sesuatu yang unik dan fantastik yaitu memasukkan tampilan Equalizer music ke dalam teks .


Hasil akhir
 
Tahap 1

Pertama-tama buka Photoshop anda dan buatlah sebuah dokumen baru dengan Width  1000 px dan Height 800 px dengan warna hitam . Kemudian , masukkan pilih Type Tool dan buatlah text sesuai keinginan dengan warna putih . Lalu tekan Ctrl+T(Win) atau Command+T(Mac) pada keyboard , dan perbesar ukuran text anda :


Setelah anda mendapatkan bentuk yang sesuai , turunkan Opacity text anda menjadi  50 px :



Tahap 2

Pada tahap ini kita akan membuat Pattern yang akan kita gunakan untuk membentuk dasar dari efek equalizer yang akan kita buat . Langkah petama , buatlah sebuah dokumen baru dengan Width 60 px dan Height 25 px dengan Background Contents dari Background Color menjadi Transparant :



Selanjutnya, perbesar ukuran dokumen anda untuk mempermudah pekerjaan .  Pilih Rectangular Marque Tool , atur Style menjadi Fixed Size , Width 55 px , dan Height 20 px . Setelah itu cukup klik pada dokumen maka akan muncul seleksi secara otomatis . Atur posisi seleksi anda ke sudut bagian atas :



Kemudian buka menu View dan pilih Rulers untuk menampilkan pengukur pada sisi dokumen . Selanjutnya klik pada pengukur dokumen tadi dan tarik ke bagian atas seleksi  :




Lakukan hal yang sama dan tarik garis kebagian bawah dari seleksi :



Ulangi langkah diatas pada bagian samping , klik pada pengukur dan tarik garis ke seleksi  :



Setelah itu , pilih Rectangel Rounded Tool (U) dan tarik mulai dari bagian atas seleksi ke bagian bawah seleksi lainnya . Pastikan Foreground berwarna putih :



Ubah layer Shape menjadi layer biasa , caranya klik kanan pada layer Shape dan pilih Rasterize Layer :



Selanjutnya buka menu Edit dan pilih Define Pattern . Beri nama Pattern yang baru saja anda buat sesuai keinginan . Setelah selesai , tutup dokumen tersebut  :



Tahap 3

Kembali ke dokumen sebelumnya . Pilih layer background , klik ikon Layer Style pada bagian bawah thumbnail dan pilih Pattern Overlay . Setelah Pattern Overlay muncul pada Layer Style , klik pada kotak Pattern dan pilih Pattern yang tadi anda buat :



Aturlah hingga anda mendapat bentuk yang anda inginkan dan turunkan Opacity Pattern menjadi  51% :



Kemudian klik kanan seperti tadi dan pada layer yang sama , pilih Create Layer untuk mengubah Pattern menjadi sebuah layer . Pindahkan layer pattern kebagian atas :


Setelah itu tekan Ctrl+G(Win) atau Command+G(Mac) pada keyboard anda dan anda akan melihat sebuah layer grup dengan layer Pattern berada didalamnya . Kemudian tekan dan tahan Ctrl(Win) atau Command(Mac) pada keyboard anda dan klik pada layer text . Maka anda akan mendapatkan seleksi pada seluruh bagian text :



Kemudian cukup klik ikon Layer Mask pada bagian bawah thumbnail dengan layer grup masih dipilih . Dan anda akan mendapatkan Layer mask pada layer grup , dan lihatlah pada dokumen anda . Bagian Pattern yang tadi memenuhi semua bagian doumen , kini hanya tersisa pada bagian text saja . Setelah itu sembunyikan layer text anda  :




Tahap 4

Buatlah sebuah layer baru diatas layer pattern dan klik kanan pada layer tersebut , pilih Create Clipping Mask :



Selanjutnya pilih Gradient Tool , pilih gradient dengan warna seperti gambar :



Dan dengan Gradient Tool , aturlah warna sesuai selera dengan menarik gradient kebawah , keatas , atau kesamping :



Kemudian tambahkan Layer mask pada layer warna anda . Caranya cukup klik ikon layer mask pada bagian bawah :



Untuk kali ini anda butuh ketelitian dan dan imajinasi untuk menciptakan bentuk Equalizer yang anda inginkan . Mulailah dengan memilih Rectangular Marquee Tool  dan buatlah seleksi sesuai kienginan anda :



Ubah warna Background menjadi Hitam dan tekan Ctrl+Backspace pada keyboard anda . Dan anda bisa lihat warna pada seleksi anda hilang . Jika ada bagian yang berlebihan atau yang anda mungkin tidak sukai , cukup ubah warna background menjadi putih , lalu buat seleksi pada bagian tersebut dan tekan Ctrl+Backspace pada keyboard . Maka warna sebelumnya akan kembali  :



Tahap 5

Pada tahap ini kita akan menambahkan sedikit efek untuk bagian text yang tidak memiliki warna . Pertama , pilih layer pattern . lakukan seleksi cepat dengan cara tekan dan tahan Ctrl dan klik pada layer pattern :



Kemudian klik ikon layer mask , maka anda akan mendapatkan layer mask pada layer yang anda seleksi . Selanjutnya klik ikon Layer Style dan pilih Inner Shadow . Aturlah Inner Shadow pada Layer Style seperti gambar :



Dan inilah hasil sementara yang kita dapatkan :



Tahap 6

Mulailah tahap ini dengan menutup layer grup tadi dan buatlah layer baru dibawahnya . Kemudian pilih Elliptcal Marquee Tool  , atur Feather menjadi 100 px dan Style menjadi Normal  . Lakukan seperti gambar :



Kemudian ubah warna Background menjadi Putih dan cukup tekan Ctrl+Backspace pada keyboard . Maka anda akan mendapatkan warna putih pada bagian belakang text . Ubah Opacity layer menjadi sekitar 20% :



Tahap 7

Pada tahap kita akan meciptakan efek refleksi pada text . Gandakan layer grup tadi dan buatlah sebuah layer baru diatasnya . Pilih kedua layer tersebut yaitu layer grup copy dan layer baru , kemudian klik kanan dan pilih Merge Layers . Sekarang kedua layer tadi sudah bergabung menjadi satu layer :



Selanjutnya buka menu Edit > Transform dan pilih Flip Vertical untuk mengubah posisi text . Setelah itu gunakan Move Tool dan tarik kebawah hingga anda mendapatkan posisi yang tepat untuk sebuah refleksi :



Kemudian tambahkan Layer mask dengan klik pada ikon Layer Mask pada bagian bawah :



Selanjutnya pilih Gradient Tool dan gunakan gradient denagan warna hitam putih . Tarik Gradient Tool hingga anda mendapat bentuk yang anda suka :



Dan inilah yang saya dapatkan sampai saat ini :



Tahap Terakhir

Pilih layer dibawah grup , dan pilih Ellipse Tool . Pastikan Foreground berwarna hitam dan buatlah Shape seperti gambar, dan secara otomatis anda akan mendapatkan layer baru untuk Shape tersebut :



Setelah itu , dengan Move Tool  pindahkan Shape tadi keatas text anda dan ubah Blend mode layer menjadi  Screen :



Kemudian klik dua kali pada layer Shape . Nah setelah muncul Layer Style , pilih Drop Shadow dan tarik bayangan Shape tadi kebagian tengah antara text dengan refleksi :



Dan masih pada layer style . Atur Drop Shadow seperti gambar :



Kemudian klik kanan pada layer Shape dan pilih Rasterize Layer :



Dan inilah hasil akhirnya :





















0 comments:

Post a Comment