Wednesday, January 8, 2014

Membuat wallpaper teks typography

Saya kembali dengan sebuah tutorial tentang teks typography . Ini adalah tutorial kedua saya mengenai typography efek . Efek yang ingin saya buat kali ini yaitu tentang membuat teks typography yang keren untuk dijadikan wallpaper .
Disini saya juga menggunakan gambar texture wall yang saya dapatkan di deviantart .

Hasil akhir

Tahap 1

Buka photoshop anda dan buatlah sebuah dokumen baru dengan ukuran sesuai keinginan anda . Pastikan warna untuk Background adalah putih :

 
Tahap 2

Kemudian pilih Gradient Tool pada Toolbar dan atur warna gradient seperti berikut :


Pastikan anda memilih ikon Radial pada optionbar dan klik dari tengah dokumen anda , lalu tarik kesamping untuk mendapat warna gradient seperti gambar .


Setelah itu , buka menu Filter dan pilih Filter Gallery . Pada Filter Gallery , klik folder Distort dan pilih Glass . Atur Glass seperti gambar dan pastikan Texture menjadi Frosted :


Inilah gambar yang saya dapatkan .


Selanjutnya masukkan gambar texture tadi kedokumen baru . Jika anda menggunakan gambar seperti ini cukup sesuaikan dengan ukuran gambar didokumen :


Kemudian copy atau lakukan drag n drop kedokumen awal . Setelah gambar texture tadi sudah berada pada dokumen awal , pindahkan posisi layer texture kebawah layer pertama . Kemudian pilih layer pertama dan ubah Blend mode menjadi Linear Light :


Nah sekarang kita sudah mendapatkan gambar untuk background :

Tahap 3

Sekarang kita akan mulai membuat teks typography kita . Pilih Type Tool , disini saya menggunakan font Century Gothic dengan ukuran besar , atur bentuk teks menjadi Bold dan pastikan teks anda berwarna putih :


Kemudian turunkan Opacity pada layer teks tadi menjadi 13% karna teks ini hanya akan menjadi sampel untuk teks typography kita nantinya :


Buatlah teks lagi dengan ukuran sesuai keinginan dan tempatkan didalam teks sampel tadi :


Lakukan terus hal yang sama hingga sampel tadi dipenuhi dengan teks :


Nah karena sekarang kita sudah memilih bentuk untuk teks typography kita, berarti kita sudah tidak membutuhkan teks sample tadi . Disini saya menurunkan Opacity menjadi 0% atau anda juga bisa menghapusnya . Sekarang , pilih semua layer teks yang ada dan Tekan Ctrl+G(Win) atau Comman+G(Mac) pada keyboard anda untuk memasukkan semua layer teks ke dalam layer grup :


Tahap 4

Sekarang kita akan memberikan warna untuk untuk teks typography kita . Pertama-tama duplikat layer grup tadi dan sembunyikan salah satunya . pilih grup yang terlihat dan klik kanan , pada pilihan yang muncul , Pilih Merge Group :


Setelah itu , klik dua kali pada layer tersebut untuk membuka Layer Style . Pada layer style , kita akan memberikan efek warna yang pertama yaitu Gradient Overlay . Pilih Gradient Overlay dan atur seperti gambar :

 
Bisa anda lihat , sekarang teks yang saya miliki sudah mempunyai warna hasil dari gradient tadi :


Selanjutnya masih di layer style , pilih Drop Shadow . Sekarang kita akan menambahkan bayangan untuk teks typography kita . Atur Drop Shadow seperti gambar :


Dan efek yang terakhir adalah Outer Glow yaitu kita akan menambahkan efek Glow pada seluruh bagian teks . Atur seperti gambar , anda bisa menggunakan warna apa saja yang anda sukai :


Dan inilah hasil yang saya dapatkan :


Tahap terakhir

Untuk tahap terakhir ini, saya hanya ingin mengoreksi sedikit bagian yang tidak saya sukai yaitu efek glow yang berada dibagian teks dan saya ingin menghilangkannya . Jika anda sudah puas dengan hasil yang ada berarti anda tidak perlu melakukan tahap ini . Masih di layer yang sama , klik kanan dan pilih Create Layers . Gunanya adalah untuk mengubah efek-efek layer style tadi menjadi layer . Jika muncul pesan dari Photoshop , cukup klik Ok .


Sekarang semua efek layer style tadi sudah menjadi layer masing-masing . Kemudian pilih layer untuk efek Outer Glow dan klik ikon Layer Mask pada bagian bawah untuk menambahkan layer mask pada layer Glow :

Selanjutnya pilih Brush Tool , pilih Soft Round Brush dengan ukurang sesuai lebar teks typography anda . Turunkan Opacity brush menjadi 50% dan pastikan warna Foreground anda Hitam . Lakukan brush pada semua bagian teks typography anda :


Dan inilah hasilnya :


Teruslah belajar dan berkreasi dengan photoshop anda . Terima kasih atas kunjungannya ditutorial saya . Jika ada pertanyaan , kritik , atau saran cukup tinggalkan dikoment . See You On Next Tutorial ……….

0 comments:

Post a Comment