Wednesday, November 26, 2014

Cara membuat photo high contrast dengan Pop color

Hay guys, sudah lama juga ya semenjak tutorial terakhir karena beberapa alasan saya tidak sempat membuat apapun. Nah kali ini saya mencoba membuat sebuah tutorial dan pastinya membagikannya dengan kalian semua. Kali ini kita akan mengubah tampilan foto biasa menjadi High contrast dangan sedikit tambahan efek warna Pop color. Oke langsung saja kita mulai ...

Hasil Akhir

Tahap 1

Buka photoshop anda dan masukkan gambar yang ingin anda gunakan. Disini saya menggunakan gambar dengan intensitas warna yang cukup terang. Untuk lebih mempermudah, anda sebaiknya gunakan gambar dengan intensitas warna yang sama :



Tahap 2


Kemudian gandakan layer gambar tersebut cukup dengan menekan Ctrl+J (Win) atau Command+J (Mac). Sekarang kita akan mulai menambahkan efek warna menggunakan Adjustment Layer. Klik ikon Adjustment Layer pada bagian bawah Layer dan pilih Levels, dan anda akan mendapatkan Layer Levels secara otomatis :



Pada Properti levels yang muncul, disini saya mengatur bagian RGB,Red, dan Blue. dalam memberikan efek, cukup sesuaikan dengan gambar anda asalkan tidak berlebihan :


inilah yang saya dapatkan, gambar yang saya miliki sekarang terlihat agak cerah kemerahan :




Tahap 3 

Sekarang kita akan menambahkan adjustment layer yang kedua yaitu Hue/Saturation. Klik ikon adjustment layer dan pilih Hue/Saturation pada pilihan yang muncul :


Nah pada Properti Hue/Saturation disini saya mengatur empat empat jenis warna yaitu Master,Reds,Cyan, dan Magentas. Anda hanya perlu sedikit menyesuaikan beberapa efek dibawah jika anda menggunakan gambar dengan intensitas warna yang berbeda :


Dan inilah yang saya dapatkan. Disini saya mencoba untuk sedikit mempertegas intensitas warna terang pada gambar :




Tahap 4

Selanjutnya yang akan kita tambahkan adalah Exposure. Klik ikon adjustment layer dan pilih Exposure :


Pada Properti Exposure, disini saya hanya melakukan sedikit perubahan pada bagian Exposure dan Gamma Correction karna menurut saya itu sudah cukup. nah jika anda menggunakan gambar dengan intensitas warna yang agak gelap mungkin anda harus mencoba mengurangi sedikit bagian Offset :





Tahap 5

Sekarang saya ingin menambahkan efek adjustment warna terakhir untuk gambar yang saya gunakan yaitu Color Balance. Klik lagi ikon Adjsutment layer dan pilih Color Balance :




Pada properti Color Balance disini saya mengatur ketiga pengaturan Tones yaitu Midtones, Shadows dan Highlights


Setelah itu saya menurunkan sedikit Opacity dari layer Color Balance tersebut dan inilah yang saya dapatkan :




Tahap 6

Setelah selesai dengan semua warna tadi, sekarang kita akan membuat layer untuk mendukung high contrast yang ingin kita buat. Pertama, pilih semua layer yang ada di Layer palette kecuali layer gambar awal atau Background. Setelah itu ,klik ikon kecil pada sisi kanan atas layer palette dan pilih Merge Layers atau langsung tekan Ctrl+E (Win) atau Command+E (Mac) :




Setelah semua layer tadi bergabung menjadi satu layer saja, gandakan layer tersebut cukup dengan menekan Ctrl+J (Win) atau Command+J (Mac) :




Setelah itu buka menu Filter > Other dan pilih High Pass. Pada pengaturan High Pass, atur Radius sesuai jenis gambar yang anda gunakan. pastikan teksture objek pada gambar anda terlihat jelas :




Inilah yang saya dapatkan :




Kemudian ubah layer style menjadi Vivid Light. Dan sekarang saya sudah mendapatkan efek kontras untuk gambar :


Tahap Terakhir

Untuk tahap terkahir ini saya hanya ingin memperbaiki sedikit efek kontras yang menggunakan salah satu efek adjustment layer yaitu Brightness/Contrast. Klik ikon Adjsutment layer dan pilih Brightness/Contrast. Atur Brightness dan Contrast sesuai keinginan :



Dan inilah hasi akhir yang saya dapatkan :




Cobalah berkreasi sesuai dengan selera anda asalkan anda mendapatkan hasil yang anda inginkan. See you on next tutorial ....

0 comments:

Post a Comment