Saturday, January 18, 2014

Membuat teks bokeh dengan Photoshop



Setelah sebelumnya saya membuat tutorial tentang membuat bokeh background, kali ini saya akan membuat tutorial tentang membuat bokeh teks dengan Photoshop.


Tahap 1

Buka Photoshop anda dan masukkan gambar yang anda inginkan. Supaya gambar bokeh lebih yang kita dapatkan lebih bagus,gunakan gambar yang memiliki warna yang bervariasi dan banyak. Setelah gambar sudah berada didokumen Photoshop,gandakan layer tersebut dengan menekan Ctrl+J (Win) atau Command+J (Mac) :

  
Kita akan memberikan efek blur pada gambar. Buka menu Filter > Blur, lalu pilih Gaussian Blur :


Pada kotak dialog Gaussian Blur, atur Radius menjadi 65 Pixels :


Sekarang kita memiliki gambar dengan efek blur yang cukup tinggi :


Tahap 2

Sekarang saya ingin mengubah sedikit intensitas warna yang ada. Untuk mengubah intensitas warna, disini saya menggunakan Curves. Klik ikon Adjustment layer dan pilih Curves. Anda akan mendapatkan layer Curves pada palette Layers :


Pada palette Properties untuk Curves, klik tepat pada bagian tengah garis dan tarik sedikit ke arah kanan bawah hingga anda mendapatkan gambar dengan intensitas sedikit gelap dari sebelumnya :



Tahap 3

Sekarang kita akan membuat efek bokeh. Pertama-tama buatlah sebuah layer baru :


Kemudian pilih Brush Tool (B), kemudian,tekan F5 pada keyboard anda untuk membuka Brush Preset. Pada Brush Preset ,Pertama pilih Brush Tip Shape. Pada Brush Tip Shape saya mengatur Size menjadi 100 px, Hardness menjadi 100%, dan beri centang untuk Spacing dan atur menjadi 80%. Selanjutnya atur Shape Dynamics, Pada Shape Dynamics , atur Size Jitter menjadi 50%, Control jadi Fade dengan ukuran 1, dan Maximum Diameter menjadi 100% :


Dan Brush Preset yang terakhir adalah Scattering. Pada Scattering, saya atur Scatter menjadi 1000%, Count menjadi 1, Count Jitter menjadi 100%, Dan untuk Control, atur keduanya menjadi Off :


Tutup Brush Preset tadi jika sudah selesai. Kemudian lakukan brush secara acak pada dokumen anda :


Setelah itu, terapkan efek blur pada hasil brush tadi. Caranya, buka menu Filter > Blur dan pilih Gaussian Blur. Atur kotak dialog Gaussian Blur dengan Radius 16 Pixels. Pada palette Layers, ubah Blend mode menjadi Overlay dan turunkan Opacity menjadi 50%.


Dan inilah yang saya dapatkan :


Tahap 4

Karena efek bokeh yang saya miliki masih terlalu sedikit,saya ingin memperbanyak efek yang ada. Caranya sama seperti sebelumnya, pertama buatlah sebuah layer baru, kemudian masih dengan brush yang sama, lakukan brush secara acak sama seperti tadi dan ubah blend mode menjadi Overlay dan turunkan Opacity menjadi 50% :


Buka lagi menu Filter > Blur dan pilih Gaussian Blur, Kali ini atur Gaussian Blur dengan Radius 14 Pixels :


Lakukan hal yang sama sekali lagi untuk menciptakan efek yang lebih banyak. Buatlah sebuah layer baru, ubah blend mode menjadi Overlay dan turunkan Opacity menjadi 50%. Lakukan brush secara acak sama seperti sebelumnya :


Dan sekali lagi terapkan Gaussian Blur. Kali ini atur Gaussian Blur dengan Radius 8 Pixels.


Dan sekarang kita sudah mendapatkan gambar dengan efek bokeh yang keren :


Tahap 5

Nah sekarang kita akan membuat teks . Mulailah dengan memasukkan teks dengan pilih Type Tool pada Toolbox dan buatlah teks yang yang anda inginkan. Anda bisa menggunakan Palette Character untuk mengatur bentuk teks anda yang bisa anda buka di menu Window dan pilih Character :


Setelah itu kita akan melakukan seleksi cepat pada seluruh teks. Caranya tekan dan tahan Ctrl pada keyboard dan secara bersamaan klik layer teks pada palette Layers :


Setelah anda mendapat seleksi dari teks, buatlah sebuah layer baru dan sembunyikan layer teks anda sehingga yang tersisa didokumen hanya seleksi dari teks tadi :


Selanjutnya, pilih palette Paths dan klik ikon disebelah kanan atas palette. Pada pilihan yang muncul, pilih Make Work Path dan pada kotak dialog, atur Tolerance menjadi 0.5 pixels dan klik Ok :


Dan sekarang seleksi tadi akan menjadi path :


Tahap 6

Setelah mengubah seleksi menjadi path, sekarang kita akan mengisi path tersebut dengan brush. Pertama kita akan mengatur brush yang akan kita gunakan. Pilih Brush Tool, kemudian tekan F5 pada keyboard untuk membuka Brush Preset. Pada Brush Preset, pertama atur Brush Tip Shape. Disini saya mengatur Size menjadi 40 px. Anda bisa mengatur Size sesuai ukuran dengan menyesuaikan teks yang gunakan. Selanjutnya, Shape Dynamics. Pada Shape Dynamics atur Size Jitter menjadi 50%, Control menjadi Off,dan Minimum Diameters menjadi 0%. Jangan lupa menghilangkan centang pada Scattering karena kita tdak menggunakannya :


Selanjutnya pilih Color Dynamics dan Transfer :


Setelah itu, klik lagi ikon pada bagian kanan atas palette dan pilih Stroke Path pada pilihan yang muncul. Pada kotak dialog Stroke Path, atur Tool menjadi Brush dan jangan lupa menghilangkan centang pada Simulate Pressure. Klik Ok :


Dan seperti inilah yang saya dapatkan. Tekan Ctrl+H (Win) atau Command+H (Mac) untuk menghilangkan Path. (Pastikan foreground dan background anda hitam dan putih atau sebaliknya) :


Tahap Terakhir

Sekarang kita akan mulai memberikan efek bokeh pada teks kita. Kembali ke palette Layers, ubah blend mode layer baru untuk teks bokeh menjadi Color Dodge :


Dan inilah hasil yang saya dapatkan sampai sejauh ini :


Setelah tiu gandakan layer baru untuk teks tadi, kemudian klik dua kali pada layer copy tersebut untuk membuka Layer Style. Pada jendela layer style, pilih Inner Glow. Pada kolom Structure ubah blend mode menjadi Color Dodge dan turunkan Opacity menjadi 50%. Pada kolom Elements, atur Source menjadi Center :


Dan seperti inilah setelah kta menambahkan Inner Glow :


Dan yang terakhir, kita akan menambahkan efek blur seperti sebelum-sebelumnya. Caranya pun sama, buka menu Filter > Blur dan pilih Gaussian Blur. Atur Radius menjadi 4 pixels dan klik Ok :


Dan inilah hasil akhirnya :


Terima kasih atasi kunjungannya di tutorial saya. Jika pertanyaan, kritik, atau saran cukup tinggalkan dikoment. See You On Next Tutorial ………….

0 comments:

Post a Comment