Saturday, January 18, 2014

Menciptakan efek Sepia tone dengan Photoshop



Efek sepia adalah salah satu efek foto yang memberikan kesan jaman dulu namun tetap terlihat menarik dan sekarangpun masih banyak yang menggemari efek ini bahkan sekarang sudah banyak applikasi editing ataupun alat kamera itu sendiri yang menyediakan efek sepia secara mudah dan otomatis.
Disini saya merubah photo biasa menjadi sebuah photo dengan efek sepia.

Hasil akhir

Tahap 1

Buka photoshop anda dan masukkan gambar yang ingin anda gunakan. Anda bisa menggunakan photoshop CS3 dan seterusnya  :


Tahap 2

Pada tahap ini kita akan memberikan efek adjustment yang pertama yaitu Black &White. Caranya cukup klik ikon Adjustment Layer pada bagian bawah palette Layers dan pilih Black & White :


Disini saya mengatur Reds menjadi -44 untuk mendapatkan sedikit efek gelap, Yellows menjadi 83 supaya mendapat efek sedikit terang pada bagian tertentu, dan untuk lainnya cukup atur sedikit jika anda mau :


Dan inilah yang saya dapatkan dari efek Black & White tadi. Bisa anda lihat disini,kulit dari model terlihat lebih hitam :


Tahap 3

Sekarang kita akan menambahkan Adjustment Layer yang kedua yaitu Curves. Klik ikon Adjustment layer dan pilih Curves :


Disini saya mempertegas efek hitam yang ada pada gambar,khusunya pada bagian model :


Inilah hasil yang saya dapatkan :


Tahap  4

Dan Adjustment yang terakhir adalah Photo Filter untuk mendapatkan warna dari Sepia. Klik ikon Adjustment layer dan pilih Photo Filter :


Pada Properties, klik Filter dan pada menu drop down pilih Sepia. Atur Density menjadi 100% supaya efek terlihat jelas, dan jangan lupa centang Preverse Luminosity :


Dan inilah hasilnya :


Tahap terakhir

Pada tahap terakhir ini saya hanya ingin memperbaiki sedikit warna Photo Filter yang ada menggunakan Layer Style. Caranya klik kanan pada layer Photo Filter dan pilih Blending Option atau langsung klik dua-kali pada layer Photo Filter untuk membuka pengaturan Layer Style. Pada Blending Options , cukup atur kolom paling bawah. Untuk Blend If pilih Gray .Pada slider This Layer, tekan tombol Alt (Win) atau Option (Mac ) dan klik ikon slider bagian hitam dan tarik ketengah. Dan untuk Underlying Layer lakukan hal yang sama namun kali ini yang digeser adalah slider untuk bagian putih :


Dan Inilah hasil akhirnya :


Terima kasih atas partisipasinya diblog saya. Jika ada pertanyaan,kritik,atau saran cukup tinggalkan di koment . See You On Next Tutorial ……

0 comments:

Post a Comment