Saturday, December 14, 2013

Membuat Efek teks 3D tanpa menggunakan efek 3D versi 2

Saya kembali dengan sebuah tutorial yang mungkin sebelumnya sudah saya bahas , namun bukan berarti saya membuat tutorial yang sama , mungkin hanya namanya yang sama namun hasilnya sangat jauh berbeda dari tutor yang sebelumnya saya buat . Saya menamai tutor kali ini dengan Membuat Efek teks 3D tanpa menggunakan efek 3D versi 2 .
Langsung kita mulai tutornya .


Hasil akhir


Tahap 1

Buka Photoshop anda , anda bisa menggunakan photoshop versi CS3 keatas . Buatlah dokumen baru dengan ukuran Widht = 1200 px dan Heigth = 960 . Ubah warna Foreground menjadi hitam dan tekan Alt+Backspace pada keyboard anda untuk mengubah warna seluruh dokumen menjadi hitam . Kemudian pilih Type Tool dan masukkan teks anda dengan warna putih :


Karena saya ingin teks saya berada pada posisi tengah dan pas , maka saya aka menambahkan garis untuk mengatur ketepatan posisi yang dibutuhkan . Buka menu View dan pilih New Guide . Pada pesan New Guide , pilih Vertical dan ubah ukuran Position menjadi 50% . Klik OK :




Anda akan mendapat garis vertical tepat pada bagian tengah dokumen anda :



Buka lagi menu View dan pilih New Guide . Kali ini pilih Horizontal dengan ukuran posisi yang sama yaitu 50% . Dan anda akan mendapat garis Horizontal tepat pada bagian tengah dokumen :



Gunakan Move Tool dan atur posisi teks sampai tepat berada ditengah dokumen :



Tahap 2

Sekarang kita akan mengubah bentuk teks . Pilih Type Tool dan klik ikon Warp pada atas , lalu pada pesan Warp Text , atur Style menjadi Bulge dan atur ukuran Bend sesuai keinginan :



Seperti inilah gambar teks yang saya punya sekarang :



Tahap 3

Untuk memulai tahap ketiga , gandakan dahulu layer teks dengan menekan Ctrl+J . Kemudian nonaktifkan layer teks copy karna kita masih akan menggunakan layer teks awal :



Selanjutnya Buka menu Filter , pilih Distort , dan pilih lagi Polar Coordinates . Pada pengaturan Polar Coordinates , pilih Polar to Rectangular :



Dan seperti inilah gambar yang akan anda dapatkan :



Setelah itu kita mengubah posisinya menjadi kesamping . Caranya, buka menu Image , pilih Image Rotate dan pilih 90 CW :



Kemudian kita akan memberikan efek Wind atau seperti layaknya setelah terkena angin . Caranya , buka menu Filter , pilih Stylize , pilih Wind . Dan anda bisa lihat efek kita dapatkan sekarang :



Efek tadi belumlah cukup , jadi kita akan menggandakan efek tersebut dengan cara singkat . Cukup tekan dan tahan Ctrl dan tekan F sekitar 10x sampai anda mendapatkan gambar yang anda inginkan :



Sekarang kita akan mengembalikan posisi gambar keatas lagi . Caranya , buka menu Image , pilih Image Rotate , dan pilih 90 CCW :



Nah sekarang kita akan mengembalikan teks yang kita beri efek keposisi semula . Buka menu Filter , pilih Distort , dan pilih Polar Coordinates . Pada pengaturan Polar Coordinates , pilih Rectangular to Polar :



Dan lihatlah teks anda sekarang , keren kan :




Tahap 4

Sekarang kita akan bekerja pada layer teks copy karena teks ini akan menjadi tampilan depan dari 3D teks kita . Pertama aktifkan teks tersebut :



Kemudian klik dua kali pada layer tersebut untuk memunculkan Layer Style . Pada layer style pilih Gradient Overlay , atur warna gradient seperti gambar . Untuk mendapatkan posisi gradient yang bagus anda harus pintar mengatur Angle dan Scale :



Setelah memberi gradient tadi , klik kanan pada layer teks dan pilih Convert to Smart Objek pada pilihan yang muncul . Selanjutnya kita akan menambahkan gradient lagi pada teks , klik dua kali seperti tadi , dan pada layer style pilih lagi Gradient Overlay . Kali ini cukup gunakan warna gradient dasar yaitu hitam putih . Anda cukup mengatur jarak gradient , ubah Blend Mode menjadi Multiply dan atur Angle dan Scale untuk mendapatkan warna yang anda inginkan :



Masih di layer style , Pilih Stroke . Atur warna menjadi #e93c00 , ubah size menjadi 4 px dan turunkan sedikit Opacity menjadi 92% :



Dan inilah hasil sementara yang saya dapatkan :




Tahap 5

Saya hampir lupa kalau didokumen kita masih terdapat dua garis yang kita buat diawal tadi . Sebenarnya kita bisa menghilangkan garis tersebut sejak tahap awal namun saya lupa melakukannya . Untuk menghilangkan garis tersebut , caranya buka menu View dan pilih Clear Guides :



Sekarang saya akan membuat tampilan background yang polos menjadi sedikit lebih menarik . Buatlah sebuah layer baru diatas layer Background kemudian pilih Brush Tool dengan Soft Brush ukuran 700 px , untuk warna , anda bisa menggunakan warna yang hampir sama dengan Stroke tadi dan lakukan brush tepat pada bagian tengah dari teks :




Tahap Terakhir

Buatlah sebuah layer baru diatas semua layer , Selanjutnya buka menu Window dan pilih Brush . Atur Shape Dynamics dan Scatters seperti gambar :



Masih dengan brush dan warna yang sama , perkecil ukuran brush menjadi sekitar 45 px dan lakukan brush satu demi satu untuk menghasilkan efek bagus :




 Dan inila hasil akhirnya :



Ini adalah tutor kedua saya tentang membuat efek teks 3D tanpa menggunaka efek 3D . Jika ada pertanyaan , kritik dan lain sebagainya cukup koment saja . Terima kasi atas kunjungannya di tutor saya . See You On Next Tutor ………..

0 comments:

Post a Comment