Saturday, December 14, 2013

Cara membuat Teks 3D tanpa menggunakan efek 3D



Sekarang efek-efek yang dihadirkan photoshop versi-versi terbaru semakin keren saja khususnya untuk efek 3D . Anda bisa menciptakan efek 3D jika mempunyai Photoshop CS5 atau CS6 dengan mudah , bagaimana dengan versi sebelumnya apakah bisa juga ? .
Jawabannya adalah bisa , namun hanya untuk photoshop versi CS3 dan CS4 karena versi yang sebelumnya saya belum pernah coba jadi saya kurang tahu . Ok , sekarang pertanyaannya adalah bagaimana caranya ?  Langsung saja kita buktikan .

Hasil akhir


Tahap 1

Buka photoshop anda dan buatlah sebuah dokumen dengan ukuran Widht = 1200 px dan Heigth = 900 px . Anda bisa menggunakan ukuran berapa saja untuk dokumen anda :

 
Hal pertama yang akan kita kerjakan yaitu background . Saya ingin mengubah sedikit warnanya supaya terlihat lebih menarik . Pilih Gradient Tool dan aturlah warna gradient seperti gambar :


Dengan Gradient Tool tadi , klik pada bagian bawah dokumen anda dan tarik keatas sesuai jarak gradasi yang ingin anda buat :


Seperti inilah gambar background yang baru saja saya beri sedikit warna gradasi :



Tahap 2

Pilih Type Tool dan buatlah teks yang anda inginkan dengan warna #00ffde . Untuk font , disini saya menggunakan jenis Velocity yang bisa anda download di dafont.com :


Selanjutnya kita akan mengubah layer type menjadi layer biasa . caranya cukup klik kanan pada layer teks anda dan pilih Rasterize Type pada pilihan yang muncul :


Karena teks yang saya punya disini masih berukuran agak kecil , saya ingin memperbaikinya . Cukup tekan Ctrl+J (Win) atau (Command+J pada Mac) dan perbesar sedikit ukuran teksnya . Sekarang saya ingin menciptakan efek supaya teks terlihat dari samping ,caranya klik kanan pada transform seleksi dan pilih Distort pada pilihan yang muncul . Tarik sedikit sudut kiri atas ke atas seperti gambar :


Setelah itu klik dua kali pada layer teks dan pada Layer Style yang muncul pilih Gradient Overlay . Atur Gradient Overlay hingga anda mendapat sisi hitam pada bagian bawah teks :


Setelah selesai pada Gradient Overlay , sekarang pilih Inner Shadow dan aturlah seperti gambar :


Dan inilah hasil yang saya dapatkan . anda bisa lihat warna gelap pada bagian bawah hasil dari Gradient Overlay dan warna cerah pada bagian atas hasil dari Inner Shadow tadi :


Tahap 3

Ok sekarang kita akan memulai membuat efek 3D kita . Mulailah dengan menggandakan layer teks dan pindahkan layer Copy kebawah layer asli . Setelah itu , tekan Ctrl+ G (Win) atau  Command+G (Mac) untuk membuat sebuah grup dan layer Copy tadi berada didalam layer grup tersebut :


Sekarang pilih Move Tool dan tekan Alt+tombol arah kiri (Win) atau Option+Tombol arah kiri (Mac) hingga anda mendapat ketebalan yang anda inginkan dan bisa anda lihat pada layers panel , anda akan mendapatkan banyak sekali layer copy hasil dari ketebalan yang anda ciptakan  :


Selanjutnya , pilih layer copy paling atas didalam grup dan nonaktifkan Layer Style dan bisa anda lihat sekarang hanya ada satu warna untuk ketebalan tersebut :


Kemudian pilih Layer Group dan klik kanan pada layer tersebut lalu pilih Merge Group pada pilihan yang muncul untuk menggabungkan grup tadi menjadi sebuah layer :


Selanjutnya klik dua kali untuk membuka Layer Style . Dan pada Layer Style , pilih Gradient Overlay dan aturlah seperti gambar :


Setelah menambahkan Gradient Overlay , pilih lagi salah satu layer style yaitu Satin . Atur Satin seperti gambar  :


Inilah hasil sementara yang saya dapatkan :


Kemudian setelah selesai pada bagian belakang , saya masih kurang puas dengan tampilan depan untuk teks ini . Karena itu saya ingin mengubahnya sedikit namun jika anda sudah puas dengan warna yang ada pada teks anda sekarang berarti anda tidak perlu melakukan tahap ini . Klik dua kali pada layer teks asli atau yang atas untuk membuka layer style . Setelah Layer Style muncul , pilih Inner Glow dan ubah seperti gambar :


Supaya teks terlihat lebih keren saya akan menambahkan sedikit efek ketebalan pada teks kita . Masih pada layer style , pilih Bevel and Emboss dan aturlah seperti gambar :


Dan inilah yang saya dapatkan :



Tahap Terakhir

Jangan senang dulu karena kita masih punya satu tahap lagi , dan rasanya teks 3D akan terlihat kurang keren tanpa efek yang akan kita buat pada tahap ini . Untuk tahap terakhir saya ingin menambahkan refleksi untuk teks 3D yang kita punya sekarang . Yang harus kita lakukan pertama adalah membuat sebuah layer untuk refleksi . Ok pilih dulu layer teks asli dengan layer grup tadi dan gandakan kedua layer tersebut . Setelah itu buatlah sebuah layer baru diatasnya kemudian pilih ketiga layer paling atas  yaitu kedua layer copy dan satu layer baru , klik kanan pilih Merge layers pada plihan yang muncul . Dan ketiga layer tersebut akan menjadi satu layer :


Selanjutnya tekan Ctrl+T (Win) atau Comman+T(Mac) pada keyboard anda . Setelah muncul garis transform, klik kanan dan pilih Flip Vertical pada pilihan yang muncul atau buka menu Edit pada bagian atas , pilih Transform dan pilih Flip Vertical :


Setelah itu tarik posisi teks untuk refleksi tadi ke bawah hingga anda mendapat posisi seperti gambar :


Kemudian pilih Gradient Tool dengan gradient warna hitam putih :


Kemudian klik ikon Layer Mask pada layers panel untuk menambahkan layer mask pada teks refleksi kita . Tarik Gradient Tool tadi dari tengah dan tarik hingga keujung teks refleksi untuk menciptakan efek refleksi yang anda inginkan :


Dan inilah hasil akhirnya :


Terbuktikan bahwa tidak Cuma photoshop dengan efek 3D saja yang bisa membuat efek 3D . Terima kasih atas kunjungannya di tutorial saya dan teruslah berkreasi dengan photoshop anda .  See you On Next Tutor ……………



0 comments:

Post a Comment