Saturday, December 14, 2013

Cara menggunakan dan beberapa fungsi dari Pen Tool



OK kali ini saya akan menjelaskan beberapa cara dan kegunaan dari Pen Tool . Apa itu Pen Tool ? . Ketika saya pertama kali menggunakan Photoshop dan saya melihat tool ini , pada awalnya saya pikir fungsi dari Pen tool tidak jauh berbeda dari brush tool yaitu untuk melukis atau semacamnya . Setelah saya coba pakai , saya menjadi bingung dengan hasil yang saya dapati .
Yang paling membuat saya bingung ialah pertama, saya tidak bisa mengubah ukuran dari pen tool . kedua saya juga tidak bisa mengubah warna dari tool tersebut karena saya pikir pen tool adalah alata untuk melukis atau semacamnya . Setelah saya cari tahu dengan nanya sana-sini , browsing ini-itu . Akhirnya saya mendapat jawaban dari pertanyaan saya . Yang saya dapatkan adalah Pen tool sendiri bukanlah alat untuk melukis atau menggambar langsung dengan pen tersebut melainkan fungsi pen tool sendiri ialah untuk membuat path atau garis , baik itu lurus , melengkung dan semacamnya lalu kita bisa mengisi garis tersebut dengan gambar dan semacamnya . Langsung saja saya jelaskan sedikit beberapa cara dan fungsi dari Pen Tool .

Membuat garis 


  • Membuat garis sesuai keinginan

Pilih dulu Pen tool pada kolom bar sebelah kiri dan akan muncul option bar pada bagian atas . Klik pada ikon-ikon yang saya lingkari dan anda bisa membuat garis pada dokumen sesuai bentuk yang anda inginkan :





  • Membuat garis dengan menggunakan titik/path


Anda bisa membuat garis menggunakan path/titik , dimana setiap membuat satu titk dan membuat satu titik di daerah yang lain ,maka secara otomatis kedua titik tersebut akan terhubung oleh sebuah garis lurus :



  • Membuat garis melengkung menggunakan path/titik 

Inilah fungsi dari Pen Tool yang paling saya suka yaitu kita dapat membuat sebuah garis melengkung sempurna sesuai dengan keinginan kita . Caranya buatlah sebuah path awal dan buat lagi path , nah pada saat anda membuat path kedua , klik , dan langsung tarik path tersebut . Secara otomatis anda akan mendapatkan dua garis yang muncul secara berlawanan arah , garis inilah yang akan mengatur bentuk lengkungan yang anda buat . Karena tadi  kita membuat dua garis yang berlawanan , nanti jika anda membuat satu path lagi , maka anda juga akan mendapatkan garis yang melengkung :



Dan jika anda membuat path lagi tanpa melakukan hal seperti diatas , maka anda hanya akan mendapatkan garis lurus :


Nah jika anda menginginkan lengkungan hanya pada satu bagian saja, caranya adalah , buatlah sebuah path . Setelah itu klik lagi pada path yang barusan anda buat dan tarik kedaerah yang anda inginkan . Buatlah path lagi , secara otomatis anda akan mendapatkan lengkungan hasil dari garis yang anda tarik tadi :



Membuat Shape

Untuk menambahkan isi atau lebih tepatnya Shape pada garis path yang anda buat , caranya , klik ikon Shape pada bagian atas dan pada bagian Color , klik ikon warna dan ganti dengan warna yang anda inginkan kemudian buatlah beberapa path seperti gambar . Untuk menyelesaikan path untuk shape anda , pastikan path awal dengan path terakhir bertemu :


Anda juga bisa mebuat Shape berbentuk lengkungan. :


(Catatan : Untuk menghilangkan hasil path cukup tekan Enter(Win) atau Return(Mac) pada keyboard anda ) 

Membuat Seleksi dengan path

Fungsi lain dari dari Pen tool adalah anda dapat membuat seleksi , bahkan anda bisa mendpatkan seleksi yang cukup detail jika menggunakan Pen Tool . Caranya , buat path pada bagian yang ingin anda seleksi . Buatlah path sebanyak yang anda butuhkan untuk mendapatkan hasil yang detail . Pastikan path awal dan akhir bertemu untuk menyelesaikan path  :


Setelah itu klik kanan pada path tersebut dan pilih Make Selection :


Pastikan Feather Radius menjadi 0 Pixels , klik Ok :


Dan path anda akan menjadi seleksi seperti gambar :


 

Sebenarnya masih banyak fungsi dari Pen Tool yang tidak saya jelaskan kesini , tapi setidaknya jika sudah mengetahui dasarnya maka akan sangat mudah untuk mempelajari hal yang lainnya . Teruslah belajar dengan photoshop anda . Semoga berhasil . Jika ada kritik , saran , atau pertanyaan silahkan dikoment langsung .

1 comments:

Post a Comment