Friday, December 20, 2013

Membuat efek photo manipulasi keren dengan photoshop

Pada tutor kali ini saya akan berbagi tentang membuat efek photo manipulasi keren dengan menggunakan photoshop.Disini kita tidak hanya akan membuat efek manipulasi , disini juga akan dijelaskan bagaimana memperbaiki bagian mungkin kurang sempurna pada bagian objek .



Hasil akhir



Stock yang digunakan :
 
Tahap 1: Haluskan Bagian Kulit

Buka gambar wanita dari stock , kemudian buatlah layer baru dan beri nama smooth skin. Untuk menghaluskan kulit model tersebut saya menggunakan Mixer Brush Tool(B).
Gunakan brush seperti gambar dibawah.
 
 
Pada tahap menghaluskan kulit , anda harus menggunakan brush yang halus dan menyesuaikan dengan daerah yang anda kerjakan . Anda juga harus memperhatikan letak bayangan dan cahaya lainnya agar tidak merusak gambar . Dengan sedikit latihan maka anda akan mendapatkan hasil yang bagus . Butuh waktu sekitar 10-15 menit dalam tahap ini.

Tahap 2 :  Hilangkan Pil Dengan Clone Tool(S)

Untuk menghilangkan pil ditangan model , gunakan Clone Tool(S) karna kita akan menggantinya dengan kertas. 
Setelah pil tersebut hilang , anda juga bisa menggunakan Clone Tool(S) untuk memperbaiki ujung jari.

Tahap 3 : Atur Warna Dengan Adjustment

Kita mulai dengan adjustments yang pertama. Buatlah Color Balance adjustment layer dan tambahkan tinta biru pada seluruh gambar
 
Sekarang buat  Gradient Fill adjustment layer dengan warna default Gradient Hitam ke Putih , maka bagian putih akan berada diatas kepala dan daerah dada . Lalu ubah Blend mode  menjadi Multiply.  Saya menggunakan layer mask untuk menutupi beberapa bagian dan mengembalikan beberapa highlights digelapkan oleh gradient pada kaki , wajah dan tangan.

Tahap 4: Masukkan  Api Kedalam Gelas
Buatlah sebuah layer baru , beri nama glass fire 1. Sekarang buka stock gambar Magic fire 02 paste gambar tersebut ke dokumen anda dan ubah blend mode menjadi Screen. Sekarang buat layer mask dan masker semua daerah kaca . Aturlah gambar sampai anda mendapatkan hasil yang bagus.
Untuk membuat api lebih hidup , tambahkan Inner Shadow dengan Jarak 0 , dan Size sekitar 50px  dan ubah modus Blend mode dari Shadow ke Softlight .Itu akan meningkatkan kontras dan warna api.
 
Sekarang buka gambar api yang kedua dan beri nama glass fire 2 dan tempatkan diatas gelas , ubah blend mode menjadi Screen.

Tahap 5: Tambahkan Efek Cahaya

Dalam rangka untuk membuat api di kaca lebih realistis , buatlah beberapa cahaya menggunakan soft brush. Buatlah layer baru , .Saya menggunakan warna #7f4500 pada layer baru dan ubah blend mode menjadi Color Dodge lalu gandakan layer tersebuat dan ubah Blend mode menjadi Screen.

Tahap 6: Buat Cahaya Api

Karena tadi kita menambahkan api kedalam gelas , pastinya kita harus menambahkan efek cahaya api tersebut supaya terlihat lebih nyata terutama pada sisi dekat kaca tersebut, yaitu pada leher , lutut dan tangan . Saya menggunakan dua layer , lalu atur blend mode keduanya menjadi Color Dodge tapi anda juga bisa menggunakan hanya satu layer .
Warna dasar yang saya gunakan adalah #5E3403 tapi anda harus mengubahnya tergantung pada area yang ingin anda warnai . untuk daerah yang dekat gunakan warna yang cerah dan untuk daerah yang agak jauh gunakan warna yang lebih gelap.

Tahap 7: Masukkan Kertas Dan Tambahkan Teks

Buka stock kertas dan hilangkan background putihnya menggunakan Magic Want Tool(W). Perkecil sedikit dan putar pada posisi dimana anda bisa membuat teks. Gunakan Type Tool(T) untuk menambahkan teks . gunakan font Sweetly Broken . Anda juga bisa memasukkan gambar jika anda mau.
 
Selanjutnya , gabungkan dua layer yaitu Layer teks dan Layer kertas , cukup tekan Ctrl+E. Copy Layer gabungan tadi ke dokumen anda. Sekarang gunakan Free Transform (Ctrl+T) untuk mengatur dan menempatkannya ke bagian tangan model. Gunakan Layer mask untuk menutupi bagian yang tidak diinginkan dan membuatnya terlihat seperti berada diantara jari-jari si model.

Tahap 8:Buatlah Bayangan Jari

Buat bayangan jari pada kertas dan gunakan Level untuk menggelapkan Mindtones dan meningkatkan kontras pada kertas. Saya meggunakan Clipping mask pada kedua layer.
Tahap 9:Tambahkan Api Pada Kertas

Buka gambar Fire stock 7 dan copy ke dokumen anda. Ubah Blend mode menjadi Screen dan gunakan Free Transform(Ctrl+T) untuk mengatur ukurannya sesuai dengan ujung kertas.

Tahap 10: Tambahkan Percikan Api Terbang Di Udara

Kita akan menggunakan Magic fire 02 lagi untuk menambahkan beberapa percikan api terbang di udara .Jadi gunakan Rectangular Marquee Tool ( W ) untuk menyalin bagian atas gambar itu ke kanvas Anda .
Atur blend mode menjadi Screen dan gunakan Eraser Tool(E)  atau Layer mask untuk menghilangkan beberapa percikan api. Kemudian anda bisa menduplikat layer lalu gunakan Gaussian Blur untuk memberikan hasil yang bagus.
 
Dan anda pun selesai .
Semoga anda menikmati tutor dan latih terus kemampuan editing kamu biar makin jago. Jika ada pertanyaan , kritik , atau saran cukup di koment . See you on next tutorial.

0 comments:

Post a Comment