Tuesday, December 17, 2013

Membuat efek neon pada teks

Jika anda sering jalan-jalan pada malam hari mungkin anda tidak asing dengan lampu-lampu neon untuk tempat-tempat hiburan dan lainnya yang biasanya dibentuk seperti kata dan permainan warna yang menarik .
Kali ini saya akan coba untuk membuat efek seperti itu menggunakan photoshop .

Hasil akhir

Tahap 1

Pertama sediakan gambar untuk anda gunakan sebagai background text anda sesuai keinginan :



Kemudian masukkan text sesuai keinginan . Anda bisa menggunakan font aja saja . Tekan Ctrl+T (Win) atau Command+T(Mac) untuk merubah ukuran text :



Tahap 2

Pilih layer text , lalu klik kanan dan pilih Rasterize Type. Fungsinya adalah untuk mengubah layer jenis text menjadi layer biasa karena kita bisa melakukan apa saja jika menggunakan layer biasa :



Selanjutnya kita menambahkan sedikit bentuk pada text . Inilah sebabnya kita mengubah jenis layernya . Pertama , mulailah dengan memilih Brush biasa dengan ukuran kira-kira sebesar text yang anda gunakan . Kemudian pilih Pen Tool dan berkreasilah sesuai text yang anda gunakan seperti yang saya lakukan . Jika anda sudah mendapatkan garisnya , klik kanan dan pilih Stroke Path. Setelah Stroke path muncul, pilih Brush dan centang Simulate Pressure :



Dan kita mendapatkan tambahan pada bagian kiri text :



Lakukan hal yang sama untuk bagian kanan text anda :



Tahap 3

Kita akan memberikan seleksi pada seluruh text  . Cara tercepat untuk melakukan seleksi adalah dengan Ctrl+Klik pada layer yang akan diseleksi :



Setelah seluruh text terseleksi , pilih Magic Wand Tool dan klik kanan pada bagian text lalu pilih Select Inverse untuk memindahkan seleksi ke bagian luar text :


Selanjutnya buka menu Select > Modify > Contract , atur seperti gambar :



Sekarang anda bisa lihat pada bagian text, ada sedikit jarak antara seleksi dengan text :



Dengan Magic Wand Tool , tekan Shift+Klik pada bagian text karena kita akan menyeleksi text itu sekali lagi . Bagi anda yang menggunakan text dengan jarak yang terpisah , lakukan langkah ini satu persatu hingga semua text terseleksi . Caranya tahan Shift dan Klik satu-satu text anda.
Kemudian buatlah sebuah layer baru dan klik kanan pada text anda dan pilih Select Inverse :



Selanjutnya hapus layer text anda sehingga di thumbnail hanya ada dua layer yaitu layer Background dan layer yang baru saja anda buat . Dan lihatlah pada dokumen , text kita sudah tidak ada .yang tersisa hanyalah seleksi :



Tahap 4

Sekarang kita akan memberi warna untuk seleksi tadi . Untuk memulai tahap ini , pilih dulu Gradient Tool dan klik pada sample bagian atas . Nah pada Gradient Editor , klik tanda panah kecil dan pilih Color Harmonies 2 . Setelah itu pilihlah gradient Green , Yellow :



Saya sengaja menarik gradient secara miring yaitu untuk menyesuaikan dengan bentuk text yang saya punya :



Selanjutnya kita akan memberikan efek glow pada text . Pertama, gandakan layer text dengan menekan Ctrl+J(Win) atau Command+J(Mac) . Setelah itu , buka menu Filter > Blur > Gaussian Blur . Atur Radius hingga 10px :



Tahap Terakhir

Buatlah sebuah layer baru diatas layer Background dan masih dengan gradient yang sama lakukan hal yang sama seperti sebelumnya . Kemudian turunkan Opacity layer menjadi 50% :



Pilih Eraser Tool dengan soft brush ukuran 250% dan turunkan Opacity brush sekitar 78% . Hapuslah bagian luar gradient dan sisakan hanya sekitar bagian text . Setelah itu, cukup ubah Blend Mode menjadi Hue :



Dan inilah hasil akhirnya :


Terima kasih atas partisipasinya di tutor saya .Jika ada pertanyaan , kritik , atau saran cukup dikoment saja . See On Next Tutor ………….



2 comments:

bro ini nama font nya apa ya ?

maaf gan ,saya lupa nama fontnya. mungkin agan bisa cari di Dafont pilih kategori caligraphy

Post a Comment