Tuesday, December 17, 2013

Membuat efek neon

Menciptakan efek neon strike pada gambar sebenarnya bukanlah susah karna anda hanya perlu menggunakan Pen Tool untuk menciptakan garis sesuai keinginan .


Hasil akhir

Tahap 1

Mulailah dengan sebuah layer baru dengan ukuran W 1000px dan H 800px. Kemudian pilih Gradient Tool dan buatlah gradient Tool seperti gambar :



Tarik gradient tool tadi seperti gambar , maka anda mendapatkan hasil seperti ini :



Selanjutnya , buka gambar yang ingin anda gunakan . Pertama, pisahkan objek dengan background . Kemudian gunakan Move Tool dan tariklah gambar kedokumen . Tekan Ctrl+T(Win) atau Command+J(Mac) untuk mengubah ukuran objek sesuai keinginan :



Langkah selanjutnya kita akan merubah sedikit kontras cahaya pada objek menjadi lebih terang. Caranya , buka menu Image > Adjustment > Levels. Atulah sesuai gambar :



Tahap 2

Pada tahap ini kita akan mulai membuat efek neon , buatlah sebuah layer baru . Pertama, klik Brush Tool (B) dan pilih Soft brush dengan ukuran sekitar 15px. Selanjutnya klik Pen Tool dan buatlah beberapa path seperti gambar . (anda bisa melihat disini untuk cara menggunakan Pen Tool ) :



Lalu klik kanan pada mouse anda dan akan muncul kotak pesan , pilih Stroke Path . Pada kotak dialog yang muncul , pilih Brush dan pastikan anda member tanda centang pada Simulate Pressure :



Inilah hasil sementara :



Selanjutnya kita akan bekerja dengan layer grup. Petama , tarik layer efek neon yang baru dibuat tadi ke ikon grup pada bagian bawah thumbnail maka anda akan mendapatkan layer neon tadi berada dalam grup . Ubah nama grup tersebut dengan NEON . Selanjutnya pilih layer neon dalam grup tadi dan gandakan layer tersebut dengan menekan Ctrl + J(Win) atau Command+J(Mac) pada keyboard :



Kemudian pilih layer copy tadi lalu buka menu Filter > Blur > Gaussian Blur. Aturlah sesuai keinginan anda , disini saya menggunakan 10px karna menurut saya itu lebih baik :



Selanjutnya masih dalam grup , pilih layer neon satunya lagi dan klik dua kali . Setelah itu akan muncul Layer Style . Pada layer style aturlah Outer Glow dan Gradient Overlay seperti gambar :



Setelah itu kita akan menjadikan layer style tadi menjadi sebuah layer . Caranya klik kanan pada layer yang baru saja dikerjakan dan pada kotak pilihan yang muncul , pilih Create Layers. Maka layer style Outer Glow dan Gradient Overlay tadi akan menjadi layer seperti gambar :



Lalu gandakan Layer gradient tadi dan pindahkan keatas layer copy tadi , kemudian klik kanan pada gradient tersebut dan pilih Create Cliping Mask pada kotak pilihan yang muncul . Inilah sebabnya kenapa kita harus mengubah layer style tadi menjadi sebuah layer :



Kemudian pilih layer grup tadi , klik kanan dan pilih Merge Group untuk menjadikan layer grup tesebut menjadi sebuah layer :



Selanjutnya pilih Eraser Tool dan pilih soft brush dengan ukuran agak besar dan hapuslah beberapa bagian efek neon  :



Tahap 3

Buatlah sebuah layer baru , klik Brush Tool dan pilih brush dengan ukuran sekitar 200px dengan warna biru muda . Lakukan brush pada bagian kaki , lakukanlah sampai dua kali . Kemudian perkecil ukuran brush hingga 150px dengan warna lebih terang , lakukan brush pada bagian tengah brush sebelumnya :



Setelah itu lakukan hal yang sama pada bagian tangan , namun kali ini gunakan soft brush yang lebih kecil dan gunakan warna ungu untuk brush yang besar dan warna yang lebih terang untuk brush yang lebih kecil :



Kemudian masih dengan layer yang sama , ubah Blend Mode layer tersebut menjadi Pin Light. Dan inilah hasil sementara yang kita dapatkan :



Tahap  4

Nah sekarang saya ingin menambahkan sedikit efek supaya neon terlihat lebih bagus . Tapi sebelumnya anda harus punya brush Blink untuk memulai tahap ini .
Pertama, buatlah sebuah layer baru . Klik Brush Tool dan pilih brush blink tadi dengan ukuran sekitar 20px . Lalu buka menu Window dan pilih Brush (F5) . Aturlah Shape Dinamics dan Scattering seperti gambar :



Dan lakukan brush pada daerah yang anda inginkan :



Setelah itu , klik dua kali pada layer tersebut dan pada layer style pilih Gradient Overlay . Beri warna Biru muda dan putih untuk gradient tersebut :



Tahap Terakhir

Buatlah sebuah layer baru diatas layer objek . Klik Brush tool ,turunkan Opacity menjadi 78% dan pilih soft brush ukuran 230px dengan warna Abu-abu dan brushlah pada seluruh bagian objek :



Kemudian ubah Blend mode menjadi Vivid Light :



Dan inilah hasilnya :




Terima kasih atas kunjungannya di blog saya . Jika ada pertanyaan , kritik atau saran cukup tinggalkan dikoment . See You On Next Tutor ………..




0 comments:

Post a Comment