Saturday, December 14, 2013

Membuat efek vector city

Menciptakan gambar vector bukanlah hal yang susah namun kita juga perlu sedikit berimajinasi supaya gambar vector kita terlihat lebih hidup .



Hasil akhir

Inilah beberapa jenis brush yang saya gunakan . Anda bias mendownloadnya secara gratis disini :


Tahap 1

Buka Photoshop anda dan buatlah sebuah dokumen dengan Width = 1500 px dan Height = 1200 px dengan warna putih . Saya menggunakan gambar berlatar gedung-gedung karena menurut saya inilah yang paling cocok . Ok Masukkan gambar yang akan anda gunakan dan pindahkan gambar anda ke dokumen pertama :



Selanjutnya kita akan menghilangkan bagian yang tidak kita perlukan . Pertama klik ikon Layer Mask untuk menambahkan layer mask pada layer gambar . Kemudian ubah warna Foreground menjadi hitam dan pilih Brush Tool dengan ukuran sesuai keperluan . Cukup brush pada bagian yang ingin anda hilangkan :

Lakukan brush hingga anda mendapat hasil seperti gambar . Perkecil ukuran brush anda untuk mendapatkan hasil yang detail :


Saya akan mengubah posisi dan ukuran gambar untuk mendapatkan hasil yang bagus . Tekan Ctrl+T pada keyboard anda dan aturlah ukuran dan posisi sesuai keinginan :


Tahap 2

Gambar vector yang ingin saya buat kali ini adalah gambar yang hanya berisi warna hitam pada objeknya , dengan kata lain saya akan merubah semua objek menjadi satu warna . Caranya klik pada layer gambar , kemudian buka menu Image > Adjustment dan pilih Levels . Aturlah intensitas level menjadi gelap :


Sekarang kita akan menambahkan efek pada bagian bawah gambar gedung biar terlihat lebih keren . Buatlah sebuah layer baru dan pilih Brush Tool dengan ukuran sekitar 50 px dengan warna Foreground tetap hitam :

Selanjutnya pilih Eraser Tool untuk memperbaiki sedikit bagian yang berlebihan :


Tahap 3

Pada tahap ini kita mulai bekerja menggunakan Brush-brush vector . Oke brush pertama yang akan saya gunakan adalah brush pohon , buka menu Window dan pilih Brush . Cari brush pohon tadi kemudian disini saya mengatur Angle atau posisi dari brush untuk menyesuaikan dengan daerah yang akan saya beri brush :

Seperti inilah hasil brush tadi :

Kemudian pilih brush vector yang kedua dengan cara yang hampir sama seperti diatas namun sedikit berbeda untuk jenis, ukuran dan posisi :

Ulangi sekali lagi kedua langkah diatas  untuk brush vector yang ketiga . Selain jenis dan ukuran brush yang berbeda , kali ini centang pada bagian Flip Y unutk mengubah posisi kearah sebaliknya :

Dan seperti inilah hasil sementara yang kita dapatkan :


Selanjutnya saya akan menambahkan brush pohon lagi namun kali ini kita tidak perlu lagi membuka pengaturan brush , cukup klik Brush Tool dan pilih brush pohon . Sesuaikan ukuran brush hingga mendapat hasil yang anda inginkan :


Buatlah  sebuah layer baru dan tambahkan brush vector lainnya ke daerah yang anda inginkan :


Dan inilah hasil yang kita dapatkan :


Tahap 4

 Pada tahap ini saya ingin mengubah Background menjadi lebih menarik . Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuat sebuah layer baru diatas layer Background . Kemudian pilih Gradient Tool dan beri warna gradient anda dengan warna-warna berikut . Selanjutnya klik dan tarik gradient tool sesuai keinginan anda untuk mendapatkan gambar gradient yang sesuai keinginan :


Seperti inilah hasil gradient saya :


Kemudian Buatlah lagi sebuah layer baru diatas layer gradient , dan ubah warna Foreground menjadi orange :


Lalu pilih Brush Tool dan pilih Brush Vector yang berbentuk garis-garis . Atur ukuran brush hingga memenuhi semua dokumen anda :


Tahap Terakhir

Saya hanya ingin mengubah sedikt efek warna dari brush vector yang terakhir . Caranya pilih layer vector yang terakhir dan ubah blend mode menjadi Color Dodge :


Sekarang pilih Soft brush ukuran besar dan ubah warna Foreground menjadi Ungu . Setelah itu buat lagi sebuah layer baru diatas layer vector yang terakhir dan klik kanan pada layer tersebut dan pilih Create Clipping Mask pada pilihan yang muncul . Lakukan brush pada salah satu sisi bagian atas dan bawah :


 Dan inilah hasilnya :


Hasil lainnya untuk efek vector :


Jangan takut untuk berkreasi  dan cobalah menemukan sesuatu yang baru . Terima kasih atas kunjungannya di tutor saya . See You On Next Tutor ………….

0 comments:

Post a Comment