Saturday, December 6, 2014

Membuat teks Relief pada gambar batu dengan Photoshop

Tutorial kali ini tentang bagaimana cara menciptakan gambar teks relief kuno dengan photoshop. Inilah beberapa font dan stock gambar yang saya gunakan :



gelio
Old egypt

Hasil akhir
Tahap 1

Buka photoshop anda dan masukkan gambar tekstur batu yang anda punya kedalam sebuah dokumen baru :


Kemudian pilih Type Tool pada Toolbox, cari dan pilih font yang pertama, beri ukuran sekitar 100pt dengan warna hitam dan buatlah teks yang anda inginkan pada dokumen anda :


Tekan Ctrl+A untuk menyeleksi seluruh dokumen, kemudian pilih Move Tool pada Toolbox dan klik ikon Align Horizontal center dan Align Vertical center untuk memastikan teks berada tepat pada posisi tengah. Tekan Ctrl+D untuk menghilangkan seleksi :


Tahap 2

Sekarang kita akan mulai mengubah teks tadi menjadi teks relief. Pertama-tama ubah Fill dari layer teks menjadi 0%. Setelah itu klik ikon fx dan pilih Bevel & Emboss :


Pada pengaturan Bevel & Emboss, atur seperti gambar sampai anda mendapaptkan hasil yang anda sukai :


Dan inilah bentuk teks yang saya dapatkan :


Masih pada layer style, pilih Drop Shadow dan atur seperti gambar :


Dan inilah yang saya dapatkan sejauh ini :


Tahap 3

Sekarang kita akan membuat garis relief juga pada bagian atas dan bawah dari teks sebelumnya dan kita juga akan memberikan efek yang sama.Kita tidak akan membuat garis lurus melainkan garis yang agak kacau. Pertama buatlah sebuah layer baru. supaya garis yang nanti kita buat tidak terlalu bengkok dan berantakan , kita akan menambahkan garis sebagai penuntun untuk menciptakan garis yang akan kita buat. Buka menu View dan pilih Rulers untunk menampilkan pengukur dokumen :


Setelah itu, klik pada pengukur dokumen bagian atas dan tarik kebagian bawah dari teks relief untuk memunculkan garis guide :


Buat satu lagi garis dengan cara yang sama dan kali ini tempatkan pada bagian atas teks anda :


Pilih Pencil Tool pada Toolbox, atur point dengan Size menjadi 15px dan Hardness menjadi 100% :


Dengan Pencil Tool tadi, buatlah garis dengan mengikuti garis guide yang ada. Beri garis pada bagian atas dan bawah :


Untuk mendapatkan efek relief yang sama seperti teks sebelumnya, cukup klik kanan pada layer teks sebelumnya dan pilih Copy layer style, lalu pilih layer untuk garis tadi dan klik kanan lalu pilih Paste Layer Style. Dan andapun akan mendapatkan efek style yang sama :


Dan inilah yang saya dapatkan sampai sekarang :


Tahap 4

Pilih Type Tool pada toolbox dan pilih font kedua yang berupa gambar-gambar. Ubah ukuran teks mejadi 75 pt dengan warna hitam dan buatlah teks yang anda inginkan pada bagian atas :  


Setelah itu langsung klik kanan pada layer teks tersebut dan pilih Paste Layer Style untuk mendapatkan efek style yang sama seperti sebelumnya :


Karena ukuran font yang kita gunakan disini lebih kecil, maka kita perlu mengubah sedikit efek style yang kita paste tadi. Cukup klik dua kali pada layer teks kedua anda dan pada pengaturan Layer Style, kita hanya akan mengubah Drop Shadow. Klik Drop Shadow dan ubah Distance menjadi 3 px :


Tahap Terakhir

Buatlah sekali lagi teks berupa gambar-gambar dan kali ini tempatkan dibagian yang masih kosong yaitu bagian bawah ;


Kemudian kita akan mendapatkan efek yang sama dengan teks sebelumnya untuk bagian teks ini. Klik kanan pada layer teks gambar sebelumnya. dan pilih Copy Layer Style. Pilih layer teks yang anda kerjakan, klik kanan dan pilih Paste Layer Style :


Dan inilah hasil akhirnya ;


Terima kasih atas partisipasinya ditutorial saya, Kolom koment selalu terbuka. See You On Next Tutorial ……..

0 comments:

Post a Comment