Tuesday, December 9, 2014

Membust teks efek Furry dengan Photoshop

Hay guys kali ini kita akan membuat sebuah teks efek dengan menambahkan efek bulu kepada teks menggunakan Photoshop. Langsung kita mulai .

Hasil akhir

Tahap 1
Buka photoshop anda dan buatlah sebuah dokumen baru dengan ukuran sesuai keinginan .Disini saya membuat sebuah dokumen dengan Width = 1280 px dan Height = 860 px dan pastikan warna Background dengan White :

Selanjutnya saya ingin membuat sedikit perubahan pada warna background yang ada. Pertama, disini saya mengubah warna Foreground menjadi kuning :


Buatlah sebuah layer baru, kemudian pilih Gradient Tool lalu klik pada bagian bawah dokumen dan tarik kebagian atas dokumen :


Setelah itu cukup turunkan Opacity menjadi 30% :


Tahap 2
Sekarang kita akan menambahkan teks kedokumen kita. Pilih Type Tool, disini saya menggunakan font Hobo Std, ukuran 245 pt dengan warna hitam lalu buatlah teks yang anda inginkan :


Tahap 3
Sekarang kita akan memasukkan gambar dengan unsur bulu seperti berikut yang nantinya akan kita gunakan untuk mendukung efek teks :


Masukkan gambar tadi kedokumen awal dengan menduplikat atau langsung menyeretnya menggunakan Move Tool. Anda bisa mengatur ukuran dari gambar anda dengan menggunakan Transform (Ctrl+T) :


Sekarang saya ingin menyesuaikan letak gambar kita dengan teks untuk mendapatkan bentuk yang bagus. Pertama, klik kanan pada layer gambar baru anda dan pilih Create Clipping Mask pada pilihan yang muncul. Sekarang anda bisa mengatur posisi dan bentuk dari gambar pada teks menggunakan Move Tool :


Setelah anda mendapat bentuk dan posisi yang anda inginkan, klik kanan lagi pada layer gambar tersebut dan pilih Release Clipping Mask :


Tahap 4
Sekarang kita akan melai tahap untuk menyatukan teks dengan gambar. Sebenarnya dengan Clipping Mask tadi kita sudah bisa menyatukan dambar dengan teks, namun disini saya akan menggunakan cara yang berbeda. Kita mulai dengan melakukan seleksi cepat pada teks yang ada pada dokumen yang tertutupi ole gambar. Caranya, pilih layer teks anda, tekan dan tahan Ctrl lalu klik Thumbnail teks anda dan secara otomati anda akan mendapatkan seleksi dari teks :


Pastikan warna Foregorund dan Background anda Hitam dan Putih. Setelah anda mendapatkan seleksi tadi, pilih lagi layer gambar anda dan klik ikon Layer Mask pada bagian bawah untuk menambahkan layer mask pada layer gambar anda. Dan sekarang anda akan melihat gambar anda hanya bekerja pada seleksi teks tadi :


Tahap 5
Kita mulai tahap ini dengan membuat sebuah brush yang akan kita gunakan nantinya untuk mrmbuat efek bulu terlihat lebih nyata. Pilih Brush Tool, lalu buka daftar brush anda dan klik ikon kecil pada bagian kanan atas lalu pilih DP Brushes pada pilihan yang muncul. dan klik Ok pada pemberitahuan yang muncul :


Sekarang anda akan mendapatkan daftar brush yang baru, pilih salah satu brush tersebut. Jika anda ingin mengembalikan daftar brush yang sebelumnya cukup lakukan hal yang sama seperti tadi dan kali ini pilih Reset Brushes pada pilihan yang muncul :


Setalah memilih brush tadi, sekarang kita akan mengubah sedikit bentuk dari brush tadi. Cukup tekan F5 pada keyboard anda untuk membuka pengaturan Brush. Pada pengaturan brush yang pertama akan kita ubah adalah Brush Tip Preset. Atur Size menjadi 70 px dan Spacing menjadi 25%. Kemudian pilih Shape Dynamics. Atur Size Jitter menjadi 100%, Control menjadi Off, Minimum Diameters dengan 0%, Angle Jitter dengan 10%, Control menjadi Direction, Roundness Jitter dengan 100%, Control menjadi Off, dan Minimum Roundness dengan 0% :


Setelah itu klik ikon kecil pada bagian bawah pengaturan brush tadi dan pada pesan Brush Name yang muncul, beri nama brush baru anda sesuai keinginan :


Tahap 6
Nah sebenarnya kita sudah bsa menciptakan efek bulu yang supaya terlihat lebih nyata pada teks dengan cara pilih Brush Tool dan pilih brush yang tadi anda buat. Klik pada layer mask, pastikan warna Foreground anda putih dan cukup brush pada bagian samping dari keseluruhan teks anda. Namun kita tidak akan mengunakan cara ini karena pastinya akan sangat memakan waktu apalagi jika anda menggunakan teks dengan huruf yang cukup banyak :



Kita mulai denagn memberikan garis path pda sekeliling teks. Caranya, pilih layer teks anda dan klik kanan lalu pilih Create Work Path pada pilihan yang muncul. Sekarang kita sudah mendapatkan garis path pada teks :



Selanjutnya pilih layer gamabr dan pilih layer mask untuk gambar karena kita akan bekerja dengan layer mask tersebut :


Setelah itu pilih Pen Tool,kemudian klik kanan pada garis untuk teks anda dan pilih Stroke Path pada pilihan yang muncul. Pada pesan Stroke Path, ubah Tool menjadi Brush dan klik Ok :


Dan sekarang kita sudah mendapatkan sedikit efek untuk mendapatkan hasil yang lebih nyata :



Seperti yang anda lihat, efek yang baru saja kita dapatkan belum;ah cukup untuk hasil yang diinginkan. Maka dari itu kita akan menambah efek yang ada menjadi lebih banyak. Caranya, tekan B pada keyboard anda untuk memilih Brush Tool kemudian cukup tekan Enter pada keyboard anda untuk menambahkan efek yang ada. Terus tekan Enter sampai anda mendapatkan hasil yang anda sukai, disini saya melakukannya sekitar 5 kali :


Tekan Ctrl+H untuk menghilangkan garis path dan inilah yang saya dapatkan :


Tahap Terakhir

Supaya teks kita tidak kelihatan terlalu polos, maka saya ingin menambahkan sedikit bayangan untuk teks yang ada. Caranya, buatlah sebuah layer baru diatas layer teks lalu pilih Elliptical Marquee Tool dan buatlah seleksi sesuai ukuran bagian bawah teks anda :



Ubah warna Foreground anda menjadi hitam dan setelah itu, klik kanan pada seleksi yang ada dan pilih Fill pada pilihan yang muncul. Pada pesan Fill, ubah Use menjadi Foreground Color, Mode menjadi Normal, dan Opacity menjadi 100%, Klik Ok. Dan anda akan mendapatkan warna pada bagian seleksi tadi. Tekan Ctrl+D pada keyboard anda untuk menghilangkan seleksi :


Setelah itu, buka menu Filter > Blur dan pilih Gaussian Blur. Disini saya mengatur Radius dari Gaussian Blur menjadi sekitar 11 px :



Kemudian turunkan Opacity layer tersebut sekitar 85% :


Terus ulangi langkah diatas sampai semua teks anda memiliki bayangannya masing-masing dan inilah hasil akhirnya :


Terima kasi atas partisipasinya ditutorial saya. Kolom tkoment selalu terbuka untu kalian see you on next tutorial ......

0 comments:

Post a Comment