Thursday, February 20, 2014

Menciptakan teks origami dan memberikan tekstur paper



Kali ini saya akan memperlihatkan bagaimana cara membuat teks berbentuk origami dan memberikan efek kertas pada gambar. Inilah dua font saya gunakan untuk tutorial kali ini :



Tahap 1

Buka Photoshop anda dan buatlah sebuah dokumen baru dengan ukuran sesuai keinginan anda. Disini saya membuat dokumen dengan ukuran Width 1280 px dan Height 960 px dan pastikan warna Background menjadi White :


Kemudian kita akan mulai membuat teks dengan bentuk origami. Pilih Type Tool pada Toolbox, dan setelah itu ubah warna text pada Option bar atas. Pilih warna yang tidak terlalu gelap dan tidak terlalu terang juga :


Kemudian pilih font yang pertama yaitu Origram dan beri ukuran 300 Pt. klik pada dokumen dan buatlah teks yang anda inginkan :


Kemudian kita akan memastikan kalau teks berada tepat pada bagian tengah dokumen. Caranya tekan Ctrl+A pada keyboard anda untuk menyeleksi semua dokumen, kemudian pilih Move Tool pada Toolbox dan klik Align horizontal center dan Align vertical center pada Option bar :


Tahap 2

Seperti yang anda lihat, teks pada dokumen yang kita punya masih terlihat biasa. Nah sekarang saya memerlukan gambar untuk dijadikan contoh untuk membuat teks origami nantinya. Buka meu File dan pilih Open, setelah itu cari folder tempat font origram tadi. Didalam folder tersebut juga tersedia gambar dari efek origaminya, pilih gambar tersebut dan klik Open :


Setelah gambar tersebut berada didokumen baru, pindahkan gambar tersebut kedokumen awal kita. Setelah gambar tersebut berada didokumen awal, pindahkan posisi layer dari gambar tersebut kebawah layer teks supaya gambar didokumen tidak menutupi teks :


Tahap 3

Sebelum memulai menciptakan efek origami, kita akan mengubah layer teks menjadi layer biasa. Caranya, klik kanan pada layer teks dan pilih Rasterize Type :


Karena teks pertama yang akan saya beri efek origami disini adalah “P” jadi saya dekatkan gambar untuk contoh dari efek origami tadi supaya lebih mempermudah pekerjaan :


Selanjutnya kita menyeleksi bagian yang akan kita beri efek. Pilih Rectangular Marquee Tool dan lakukan seleksi pada bagian yang ingin anda beri efek. Pada saat anda memberikan seleksi, pastikan seleksi berada tepat pada sisi dari bagian teks yang ingin anda beri efek :


Kemudian pilih Burn Tool pada Toolbox dan atur point dengan Size 75 px dan Hardness 0%. Pastikan Range menjadi Midtones dan Exposure dengan 50% :




Lakukan brush tepat pada bagian sisi dari seleksi pada daerah teks yang ingin anda beri efek. Terus lakukan brush sampai anda mendapatkan hasil yang bagus, disini saya melakukan brush sekitar tujuh kali. Tekan Ctrl+D untuk menghilangkan seleksi :


Pilih lagi Rectangular Marquee Tool lagi dan buatlah seleksi pada bagian lainnya. Pilih lagi Burn Tool dan lakukan brush lagi sama seperti sebelumnya :



Cukup ulangi langkah yang sama untuk teks yang lain dengan mengambil contoh dari gambar tadi. Setelah selesai, anda bisa menghapus gambar untuk contoh tadi atau hanya menyembunyikannya :



Tahap 4

Sekarang kita akan memasukkan teks yang kedua dengan jenis font yang berbeda. Pilih Type Tool pada Toolbox, pilih font yang kedua yaitu Labtop, atur ukuran menjadi 75 pt, dan ubah warna teks menjadi hitam. Klik pada dokumen dan buatlah teks yang kedua dibawah teks yang pertama :


Selanjutnya saya ingin mengatur jarak dari setiap huruf dari teks yang kedua. Caranya, beri highlight pada teks kedua anda, kemudian buka menu Window dan pilih Character. Atur bagian tracking dari Character sampai anda mendapat posisi yang anda sukai :


Kemudian kita akan memastikan teks berada tepat pada bagian tengah, caranya sama seperti teks sebelumnya, tekan Ctrl+A untuk menyeleksi semua dokumen, lalu pilih Move Tool dan cukup klik ikon Align Horizontal center. Tekan Ctrl+D untuk menghilangkan seleksi :


Tahap 5

Nah sekarang kita akan membuat warna untuk background. Pilih layer Background pada palette Layers, kemudian pilih Elliptical Marquee Tool pada Toolbox karena kita akan membuat seleksi dalam bentuk lonjong. Klik pada bagian kiri atas dokumen dan tarik tool tadi ke kanan bawah dokumen sampai anda mendapatkan seleksi berbentuk lonjong pada dokumen anda :


Setelah itu kita akan memperkecil ukuran seleksi tadi. Caranya, buka menu Select dan pilih Transform Selection. Tekan dan tahan Shift+Alt pada keyboard anda dan secara bersamaan klik pada salah satu sudut transform dan perkecil ukuran seleksi anda :


Kemudian tekan dan tahan lagi Shift+Alt pada keyboard anda dan kali ini klik ikon transform atas dan tarik sedikit kebawah. Tekan Enter jika sudah selesai :


Selanjutnya, buka lagi menu Select > Modify, lalu pilih Feather . Pada kotak dialog Feather, ubah Radius menjadi 100 px, klik OK :


Lalu kita akan melakukan Invert pada seleksi, yaitu kita akan memindahkan seleksi kebagian luar. Caranya buka lagi menu Select dan pilih Inverse atau cukup tekan Ctrl+I pada keyboard anda :


Selanjutnya ubah warna Foreground anda dengan warna yang sama seperti warna teks anda sebelumnya namun kali ini pilih warna yang sedikit lebih terang :


Setelah itu cukup tekan Alt+Del pada keyboard anda untuk mengisi seleksi yang ada pada dokumen dengan warna Foreground tadi :


Tahap 6

Sekarang kita akan menambahkan efek teksture kertas kedokumen yang ada. Pertama-tama kita akan menggabungkan semua layer menjadi sebuah layer baru. Caranya, pilih layer paling atas pada palette Layers dan tekan Ctrl+Shift+Alt+E pada keyboard anda dan anda pun akan mendapatkan sebuah layer baru dari gabungan seluruh layer yang ada :


Selanjutnya buka menu Filter dan pilih Filter Gallery :


Pada Filter Gallery, buka folder Texture dan pilih Texturizer. Ubah Texture menjadi Sandstone, Scalling menjadi 100%, Relief menjadi 2 dan atur Light menjadi Top. Klik Ok :


Dan inilah hasil akhirnya :



Jika anda ingin mendapatkan efek warna yang lain untuk efek origami anda, cukup klik Adjustment layer lalu pilih Hue/Saturation. Pada Properties Hue/Saturation cukup atur Hue untuk mendapatkan warna yang anda inginkan :


Terima kasih atas partisipasinya di tutorial saya, jika ada pertanyaan, kritik, atau saran cukup tinggalkan dikoment. See You On Next Tutorial ………….

2 comments:

Post a Comment