Sunday, May 3, 2015

Photo manipulasi menggunakan Pen Tool

Tutor kali ini saya akan menunjukkan bagaimana Tool sederhana seperti Pen Tool bisa membuat sebuah gambar manipulasi 3D yang keren tanpa menggunakan efek 3D. Mari kita mulai ..



Tahap 1

Buka Photoshop anda , kemudian buatlah sebuah dokumen baru dengan ukuran Width 1200 px dan Height 960 px dengan background putih (rekomendasi saya). Selanjutnya buatlah sebuah layer baru dan buatlah gambar segi empat berwarna hitam dengan ukuran tidak terlalu besar pada dokumen anda. Anda bisa menggunakan Brush Tool atau Pen Tool. Gambar ini akan menjadi dasar pada gambar kotak yang akan kita buat :



Kemudian lakukan rotasi pada posisi gambar tadi dengan menekan Ctrl/Command+T pada keyboard anda lalu klik kanan pada objek dan pilih Rotate dan ubah posisi hingga 90 derajat. Setelah itu ubah sedikit posisi atau bentuk gambat menggunakan Distort. Caranya, setelah anda menggunakan Rotate, klik kanan lagi dan pilih Distort. Atur bentuk seperti gambar :



Selanjutnya , turunkan Opacity layer tersebut sekitar 70% dan gandakan layer tersebut dengan menekan Ctrl/Command+J . Pindahkan gambar kedua keatas dan gunakan Distort lagi untuk mengubah sedikit bentuk gambar. Gambar ini adalah bagian atas dari kotak :



Tahap 2

Pada tahap ini kita akan mulai membentuk sebuah kotak. Pilih Pen Tool dan pastikan anda memilih ikon Shape pada Option bar. Buatlah sebuah layer baru dan buatlah sisi kotak yang pertama :




Lakukan hal yang sama pada sisi sebelahnya :

Ulangi langkah diatas pada kedua sisi bagian belakang dan bagian tengah. Otomatis kita mempunyai lima layer Shape untuk semua sisi :


Pilih Layer Shape 5,4,dan 3 lalu pindahkan posisi ketiga layer tersebut kebawah layer shape 1 agar posisi gambar berada dibelakang. Anda bisa menonaktifkan layer gambar untuk bagian atas tadi karena kita sudah tidak membutuhkannya :



Tahap 3

Pada tahap ini kita akan mulai memberikan warna pada setiap sisi kotak. Pilih salah satu layer sisi kotak, kemudian ubah Opacity menjadi 100% dan klik pada layer tersebut untuk memunculkan Layer Style . Pada layer style pilih Gradient Overlay dan atur warna gradient seperti gambar. Gunakan Angle dan Scale untuk mendapatkan posisi warna yang pas :


Lakukan hal yang sama untuk sisi sebelahnya. Anda cukup mengatur Scale dan Angle :


Ulangi lagi tahap yang sama untuk bagian sisi belakang , namun untuk gambar bagian belakang gunakan warna gradient yang agak lebih tua dari sebelumnya :



Lakukan hal yang sama pada bagian sebelahnya dan jangan lupakan bagian tengah juga :




Kemudian pilih semua layer kecuali layer Background dan tekan Ctrl/Command+G untuk menggabung seluruh layer tadi ke sebuah Grup supaya kita tidak terlalu pusing nantinya :



Tahap 4

Untuk membuat tampilan kotak lebih nyata kita akan membuat penutup dari gambar kotak. Caranya sama seperti tadi, buat sebuah layer baru dan buat shape seperti gambar. (jika anda mengikuta contoh mungkin sebaiknya anda memperlebar ukurannya karena yang saya buat sepertinya agak kecil) :




Tambahkan juga pada sisi lainnya :




Untuk pemberian warna juga sama seperti tadi yaitu pilih layer dan klik dua kali pada layer untuk memunculkan Layer Style. Pilih Gradient Overlay, buatlah warna gradient yang hampir sama dan anda cukup mengatur Angle dan Scale :


Ulangi langkah diatas pada sisi penutup lainnya hingga anda mendapat posisi warna yang tepat :



Pilih semua layer Shape untuk penutup tadi dan masukkan lagi kedalam grup dengan cara yang sama seperti tadi. Inilah hasil yang saya dapatkan :



Sekarang saya ingin menambahkan sedikit ketebalan pada penutup. Caranya buatlah layer baru diantara kedua layer grup dan buatlah shape ukuran kecil lalu atur warna seperti sebelumnya :




Saya menambahkan ketebalan pada beberapa sisi yang menurut saya harus diberi ketebalan :



Pilih lagi semua layer ketebalan tadi dan tekan Ctrl/Command+G untuk memasukkan semua layer kedalam grup baru :



Tahap 5

Sekarang saya ingin membuat warna untuk background, caranya buatlah sebuah layer baru diatas layer background, pilih Gradient Tool buatlah warna seperti berikut :



Buatlah warna gradient seperti gambar :


Selanjutnya buat lagi sebuah layer baru diatasnya dan pilih Brush Tool. Pilih Soft brush dengan ukuran sekitar 90 px dan turunkan Opacity brush menjadi 58 %. Lakukan brush pada bagian bawah kotak hingga anda mendapatkan efek bayangan :



Tahap 6

Inilah tahap favorit saya karena kita akan membuat objek 3D yang seolah-olah keluar dari kotak. Buatlah sebuah layer baru pada bagian atas dan buatlah Shape dengan Pen Tool seperti tadi dan ubah warna Shape sesuai keinginan :




Kemudian klik dua kali pada layer tersebut untuk memunculkan Layer Style. Pilih lagi Gradient Overlay dan cukup gunakan warna hitam dan putih untuk gradient. Ubah Blend Mode menjadi Multiply dan bisa anda lihat, gambar shape anda memiliki sisi gelap dan terang :



Kita juga akan menciptakan ketebalan pada objek layaknya penutup kota tadi. Gunakan Pen Tool dan buatlah shape ukuran kecil pada sisi yang memungkinkan. Ulangi tahap diatas untuk pewarnaan dan cukup atur Angle dan Scale untuk mendapatkan posisi warna yang tepat :



Lakukan hal yang sama pada bagian bawahnya namun untuk warna, disini saya menggunakan Biru dan Hitam :



Ulangi tahap diatas pada sisi lainnya. Jika sudah selesai, masukkan semua layer objek kedalam grup :



Tahap 7

Buatlah objek kedua dibawah grup objek pertama dengan cara yang sama dan jangan lupa untuk memberi ketebalan :



Kemudian buatlah sebuah layer baru diatas layer shape dan pilih Brush Tool. Pilih Soft Brush dengan ukuran agak besar dan buatlah bayangan dengan brush tadi



Masukkan lagi semua layer tadi kedalam sebuah grup baru :


Buatlah lebih banyka objek dengan cara yang sama supaya kotak terlihat lebih meriah :



Tahap 8

Saya ingin menambahkan sedikit lagi objek pada gambar. Buatlah sebuah layer baru pada bagian atas. Pilih brush tool biasa dengan ukuran kecil. Lakukan brush pada bagian daerah yang anda inginkan :



Buka lagi Layer Style dan pilih Gradient Overlay. Pilih gradient berikut dan ubah Style menjadi Radial :




Tambahkan lagi objek seperti sebelumnya :


Disini saya menambahkan tiga objek sederhana dan masing-masing objek memiliki layer sediri :



Tahap Terakhir 

Karena kita menambahkan objek pada kotak, maka saya ingin menambahkan bayangan pula untuk objek tersebut pada bagian objek disekitarnya. Buatlah sebuah layer dibawah semua layer grup dan pilih Soft brush ukuran 175 px dengan warna hitam dan turunkan opacity brush menjadi 35%. Buatlah bayangan pada daerah objek sekitar :

Karena kita menambahkan objek pada kotak , maka saya ingin menambahkan bayangan untuk objek tersebut pada beckground . Buatlah sebuah layer dibawah semua layer grup dan pilih Soft brush ukuran 175 px dengan warna hitam , dan turunkan opacity brush menjadi 35%. Buatlah bayangan pada daerah yang mempengaruhi :


Dan inilah hasil akhirnya :



Hanya bermodalkan tool sederhana anda bisa menciptakan sesuatu yang menarik tergantung bagaimana anda menggunakannya . See you on next tutorial ....

0 comments:

Post a Comment