Monday, December 15, 2014

Cara singkat mengubah warna rambut dengan Photoshop

Sekarang saya akan menjelaskan cara mudah tentang bagaimana mengubah warna rambut secara singkat dengan Photoshop.



Hasil akhir

Tahap 1

Masukkan gambar yang ingin anda gunakan kedalam photoshop anda. Kualitas gambar anda akan menentukan hasil akhir jadi pastikan gambar yang gunakan berkualitas cukup baik :


Tahap 2

Kita akan memulai mewarnai rambut. Pertama-tama buatlah sebuah layer baru :



Sebelumnya ubah dulu warna Foreground anda menjadi warna yang anda inginkan. Disini saya menggunakan warna merah sebagai Foreground :


Pilih Brush Tool pada Toolbox, kemudian pilih soft round brush. Disini saya mengatur ukuran brush menjadi 70 px dan Hardness menjadi 18% . Untuk ukuran brush, cukup sesuaikan dengan gambar anda :


Dan lakukan brush pada seluruh bagian rambut yang ingin anda ubah.Anda tidak perlu terlalu detail dalam melakukan brush karena nanti kita bisa memperbaiki jika ada bagian yang berlebihan :


Dan inilah yang saya dapatkan sampai sejauh ini :


Tahap 3

Nah sekaranglah saatnya untuk memperbaiki bagian yang mungkin berlebihan atau kurang enak dilihat. Masih di layer yang sama, pilih Eraser Tool pada Toolbox. Pilih Soft round brush seperti tadi dengan ukuran kecil, ubah Opacity menjadi 48% dan Flow menjadi 45%. Untuk ukuran brush cuckup sesuaikan dengan bagian yang ingin anda hilangkan :



Lakukan eraser pada setiap bagian yang diperlukan hingga anda mendapat hasil yang bagus :


Tahap Terakhir

Pada tahap terakhir ini saya hanya ingin mengubah sedikit warna dari rambut menjadi sedikit lebih gelap. Klik Adjustment layer ikon dan pilih Hue/Saturation pada pilihan yang muncul :


Setelah layer Hue/Saturation muncul, klik kanan pada layer tersebut dan pilih Create Clipping Mask. Saya melakukan supaya perubahan warna hanya bekerja pada bagian rambut tanpa mempengaruhi warna pada bagian yang lain :


Kemudian atur Hue/Saturation seperti berikut. Disini saya mengubah Hue menjadi +7, Saturation menjadi -4, dan Lightness menjadi -8. Perlu anda ketahui bahwa anda bahkan bisa mengubah warna rambut hanya dengan mengatur Hue :


Dan inilah hasil akhirnya :


Terimakasih atas partisipasinya kolom komentar selalu terbuka untuk kalian. See you on next tutorial.

0 comments:

Post a Comment