Saturday, December 14, 2013

Cara membuat Refleksi pada teks dengan photoshop


Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara memberikan refleksi pada teks dengan photoshop .




Hasl akhir

Tahap 1

Buka photoshop anda dan buatlah dokumen baru dengan Width = 1000 px , dan Height = 800 px . Anda bisa membuat ukuran dokumen sesuai selera anda sendiri :



Kemudian kita akan mengubah warna dokumen yang awalnya putih menjadi hitam . Cukup ubah warna Background menjadi hitam dan tekan Ctrl+Backspace pada keyboard anda :



Lalu klik dua kali pada layer Background dan klik Ok pada keterangan yang muncul . Gunanya adalah untuk menghilangkan proteksi pada layer tersebut sehingga kita bisa melakukan apa saja pada layer itu :



Selanjutnya pilih Elliptical Marquee Tool , atur Feather menjadi 150 px dan buatlah seleksi dengan ukuran besar :


Setelah melakukan seleksi yang cukup besar , seketika itu juga ukuran seleksi anda akan mengecil sesuai dengan ukuran yang kita tentukan tadi . Setelah itu ubah warna Background menjadi putih lakukan hal yang sama seperti tadi yaitu cukup tekan Ctrl+Backspace pada keyboard anda . Maka anda akan mendapatkan warna putih pada bagia dokumen anda . Tekan Ctrl+ D untuk menghilangkan seleksi :



Tahap 2

Nah sekarang kita akan menambahkan teks pada dokumen . Pilih Type Tool , dan masukkan teks yang anda inginkan . Anda tidak perlu khawatir jika warna teks anda berbeda dengan tutor ini karena nanti kita juga akan mengganti warnanya :



Sekarang saya ingin megubah ukuran teks yang menurut saya belum terlalu bagus . Tekan Ctrl+T pada keyboard dan atur posisi dan ukuran teks yang anda punya . Saya memperbesar sedikit teks yang saya punya disini :



Selanjutnya klik pada ikon warna pada bagian atas dan ganti warna teks anda dengan warna merah . Jika warna teks anda sudah merah maka anda tidak perlu melakukan ini :



Kemudian Klik dua kali pada layer Reflection atau layer teks , dan pada jendela Layer Style yang muncul Pilih Gradient Overlay . Aturlah seperti gambar :



Inilah hasil sementara yang kita dapatkan . Anda bisa melihat teks berwarna merah dengan warna agak gelap pada bagian bawah :



Tahap 3

Pada tahap ini kita akan membuat Refleksi untuk teks kita . Mulailah dengan menggandakan layer teks tadi dengan menekan Ctrl+J pada keyboard dan pindahkan layer teks copy kebawah layer teks asli :



Kemudian klik kanan pada layer tersebut dan pilih Rasterize Type . Kemudian Buatlah sebuah layer baru diatasnya :



Sekarang kita akan menggabungkan layer baru tadi dengan layer teks copy . Caranya , pilih layer teks copy dan layer baru tadi lalu klik kanan pilih Merge Layers . Dan seperti yang anda lihat , kedua layer tersebut menjadi satu :



Selanjutnya buka menu Edit > Transform dan pilih Flip Vertical :



Setelah anda mendapatkan teks anda dalam bentuk Vertical . Gunakan Move Tool dan tarik teks Vertical tadi kebawah hingga anda mendapatkan posisi yang pas untuk sebuah refleksi :



Kemudian tambahkan Layer Mask pada layer gabungan tadi . Caranya cukup klik pada ikon Layer Mask :



Selanjutnya pilih Gradient Tool , Atur warna menjadi hitam putih . Kemudian klik pada bagian tengah teks asli dan tarik kebawah sampai keujung dari teks refleksi :



Dan sekarang kita sudah memiliki Refleksi untuk Teks kita :



Tahap  4

Ok , Sebenarnya untuk membuat refleksi , kita sudah selesai pada tahap sebelumnya . Pada tahap ini saya hanya ingin menambahkan sedikit efek pada teks refleksi supaya terlihat lebih bagus . Langsung saja , pilih Elliptical Tool dan atur warna menjadi putih . Lakukan seperti gambar pada bagian tengah antara teks dengan refleksi  . setelah itu anda akan mendapatkan shape dengan warna putih pada bagian tengah :



Kemudian gunakan Move Tool dan pindahkan Shape tersebut keatas teks :



Selanjutnya klik dua kali pada layer Shape, dan pada layer style yang muncul pilih Drop Shadow . Setelah anda memilih Drop Shadow , langsung klik pada dokumen dan tarik bayangan Shape yang berwarna hitam ke posisi tengah antara teks dengan refleksi :



Setelah itu aturlah Drop Shadow seperti gambar . Kemudian ubah Blend mode layer shape menjadi Multiply dan cukup klik pada layer shape yang berwarna abu-abu untuk menghilangkan garis yang masih tersisa pada dokumen :



Dan inilah hasilnya :



Terima kasih atas kunjungannya di tutor saya . See You On Next Tutor ……..

0 comments:

Post a Comment