Tuesday, December 17, 2013

Membuat tampilan sound wave dengan photoshop


Hay guys , kali ini gue punya tutor yang keren pastinya buat kalian nikmati n praktek pastinya . Buat kalian yang suka edit-edit music atau semacamnya , pas banget nih karna kali ini gue akan berbagi tentang membuat tampilan sound wave dengan photoshop .

Hasil akhir











Okey langsung aja CEKIDOT !

Tahap 1

   Pertama-tama pastinya kita mulai dengan dokumen baru pada photoshop dengan warna hitam sebagai background . Jika warna background anda masih putih , cukup ganti warna background dengan hitam dan ketik Ctrl+Backspace(Win) atau Command+Delete(Mac) pada keyboard . Anda akan secara otomatis mendapat background dengan warna hitam :

  


Tahap 2

Pilih Rectangle Tool (U) dan buatlah garis kecil dari bawah keatas :


Setelah itu, pada layer Shape garis tadi klik kanan pada layer tersebut kemudian pilih Rasterize Layer . Hal ini dilakukan untuk mengubah layer Shape menjadi layer biasa sehingga lebih mudah di edit :



Kemudian pilih Wind pada menu filter :


Aturlah seperti gambar :


Dan hasilnya anda akan medapaktan sedikit teksture disebelah kanan garis tersebut :


Setelah itu cukup dengan Ctrl+F(Win) atau Command+F(Mac) 3x pada keyboard anda . Maka kita sudah mendapat sedikit tampilan efek suara disini :


Selanjutnya , buka lagi menu filter dan pilih lagi Wind seperti sebelumnya . Karna kita belum mempunyai teksture untuk sebelah kirinya maka kali ini klik yang kirinya:




 
Anda akan mendapatkan teksture kecil seperti tadi pada sebelah kiri garis . Untuk memperbesar teksture lakukan seperti tadi dengan Ctrl+F , namun kali ini 2x mungkin udah cukup :


Tekan Ctrl+T(Win) atau Command+T(Mac) untuk (Transform) pada keyboard anda ubahlah posisinya menjadi Horizontal . Nah udah keliatan kan efeknya :



Tahap 3

Karna menurut saya warna efeknya sangat sederhana maka pada tahap ini saya akan memberikan warna . Mulailah dengan membuat layer baru . Klik kanan pada layer tersebut dan pilih Create Clipping Mask . Kemudian pilih Gradient Tool dan pilih gradient seperti gambar atau buatlah anda sendiri :


Setelah gradient terpilih tariklah gradient tool dari kanan ke kiri . Disini anda bisa bereksperimen . Dan inilah hasil yang saya dapatkan :


Tahap 4

Sebenarnya untuk efek soundwave yg kita buat sudah selesai . Disini saya Cuma ingin menambahkan teks supaya tutornya lebih keren hahaha . Klik Type Tool dan kali ini saya menggunakan font Planet Cosmo yang bisa anda download disini . Tekan Ctrl+T untuk merubah ukuran sesuai keinginan  :


Setelah itu klik dua kali pada layer teks tersebut dan pilih Outer Glow pada Layer Style . Aturlah seperti gambar :


Selanjutnya ubah blend mode layer teks tersebut menjadi Overlay :





Inilah hasilnya :




Terima kasih atas kunjungan di blog saya , semoga tutor kali ini bisa menginspirasi anda untuk bereksperimen . Kalo punya saran atau kritik and semacamnya cukup tinggalkan di kolom koment . See you on next tutor .....


0 comments:

Post a Comment